Catalan Boleh Berpesta Jika Merdeka, Tapi Ingat! Ada Sederet Konsekuensinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Catalan Boleh Berpesta Jika Merdeka, Tapi Ingat! Ada Sederet Konsekuensinya

FAJAR.co.id- Kemenangan kelompok separatis di pemilu lokal yang menginginkan Catalan pisah dari Spanyol menjadi perbincangan hangat di Eropa. Minggu (27/9) malam, jalanan di Barcelona tumpah ruah dengan pesta kemenangan kelompok separatis tersebut.

Aliansi yang menamakan diri Junts pel Si (Bersama Untuk Ya) bersama kelompok prokemerdekaan lainnya mengklaim telah memenangkan pemilu lokal. Mereka menyatakan berhasil merebut lebih dari setengah dari total 135 kursi di Majelis Catalan.

Hal ini dinilai akan berdampak besar pada pemilu Spanyol, Desember nanti. Mereka (Catalan), kian kuat menyuarakan deklarasi kemerdekaan yang akan mereka proklamirkan setidaknya 18 bulan mendatang atau sekitar dua tahun lagi.

Menurut beberapa sumber seperti 21st Century Wire dan The National, sejak pesta di Barcelona Minggu malam itu, ada beberapa dampak yang sudah mengintai jika Catalan merdeka.

Jika Catalan merdeka, mereka terancam tidak akan mendapat dukungan dari bank di Madrid. Kemudian, Catalan juga akan ditendang dari Eurozone. Selain itu, mereka juga akan ditendang dari Uni Eropa. Bahkan, klub kesayangan warga Catalan, Barcelona dari La Liga juga akan terdepak dari La Liga.

Sementara itu, sejak awal, Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy tetap menentang semua rencana untuk mengadakan referendum kemerdekaan Catalan. “Rencana memisahkan diri itu omong kosong. Saya bersumpah untuk melawannya di pengadilan,” kata Rajoy, dikutip dari The National.

Pada dasarnya, semua pihak di Spanyol telah berupaya menggodok adanya jalan tengah dari permasalahan Catalan. Di antaranya soal pajak, peningkatan infrastruktur hingga gagasan pengakuan Catalan sebagai bangsa di dalam negara.

Apapun itu, kini sikap politik yang sudah diambil Catalan (usai pemilu lokal) telah meningkatkan ketegangan politik dengan Madrid. Dalam orasinya usai mengklaim menang pemilu di Catalan, pemimpin aliansi prokemerdekaan, Artur Mas sudah menegaskan bahwa Catalan sudah menang.

“Kami telah menang. Ini adalah kemenangan untuk Ya, dan kemenangan buat demokrasi,” kata Mas. (adk/jpnn/jpg)

Click to comment
To Top