Dirjen Perkeretapian Dukung Pembangunan Kereta Api di Sultra – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dirjen Perkeretapian Dukung Pembangunan Kereta Api di Sultra

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pembangunan jalur transportasi rel kereta di Sulawesi Tenggara (Sultra) di dukung penuh oleh Direktorat Jenderal (Dirjen), Perkeretapian RI, Hermanto. Bahkan, pihaknya telah memberi lampu hijau pembangunan rel kereta api di tahun 2016 akan terwujud.

Sultra akan menjadi skala prioritas jalur kereta api. Hal ini disampaikan Anggota DPR RI dapil Sultra Ridwan BAE, disela pertemuan perdananya dengan Dirjend Perkerta apian RI, Hermanto di Jakarta Pusat, Senin (28/9).

Dikatakanya, sesuai janji dirjend perkeretaapian akan mendukung penuh ditahun 2016,terkait studi kelayakan jalur kereta api di Sultra, antara Kolaka utara,Kolaka,Koltim,Konawe,Kendari. “Pembangunan rel kereta Itu perjuangan saya selama menjabat anggota DPR RI. Saya memilki prinsip kawasan Indonesia Timur terlebih Sultra harus ada perkembangan yang mutlak dalam upaya menunjang pertumbuhan ekonomi pada khususnya dan pada umumnya peningkatan sumber daya manusia,” ujar mantan Bupati muna ini.

Ia menuturkan proyek pemabangunan kereta api direalisasikan pada tahun 2016 mendatang. Menurutnya pembangunan jalur transportasi darat tersebut harus segera direalisasikan untuk mendukung distribusi logistik secara nasional. “Saya berharap sumber daya manusia (SDM), yang akan dipakai nantinya dari daerah sini,selain membuka lapangan kerja sekaligus mengurangi tingkat pengangguran. Kita harus membuka kesempatan kepada masyakat lebih banyak,” katanya.

Mengenai anggaran,Ketua DPD Golkar Sultra ini, enggan menyebut berapa besaran anggaran yang akan disiapkan pemerintah pusat untuk membantu lintasan kereta api tersebut. Olehnya itu untuk perwujudan pembangun tersebut ia kepada seluruh stakeholder khususnya kepada pemerintah daerah, Provinsi kabupaten/kota untuk mendukung segala penuh program yang dicanangkan itu. Pemerintah harus memihak penuh. Sebab dengan adanya pembangunan tersebut peningkatan akses pembangunan di Sultra semakin nampak.

Sehingga semua infestor akan lebih mudah utk investasi disultra karena semua jalur transportasi tersedia,,mulai,,jembatan penghubung buton muna,,dan muna kendari. serta kereta api pun tersedia. Ditambahkanya, jangan hanya Provinsi lain seperti Makasar Menado Gorontalo rel kereta api terbangun.

“Diwilayah Sultra juga harus didukung pembangunan jalur rel kereta api. Begitu pula dengan akses pembangunan lainya segera dikembangkan seperti bandara sugimanuru yang terletak di Kabupaten muna barat rencana akan diperpanjang tahun 2016 dari 1.400 menjadi 1.800 meter,” ujarnya. (m1/RS)

loading...
Click to comment
To Top