Dua Komisioner KY jadi Tersangka, Kasus Jalan Terus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dua Komisioner KY jadi Tersangka, Kasus Jalan Terus

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Reserse Kriminal Mabes Polri memastikan penyidikan kasus pencemaran nama baik terhadap hakim Sarpin Rizaldi yang telah menyeret dua komisioner Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki dan Taufiqurrahman Syahuri sebagai tersangka tak akan dihentikan.

Karenanya, permintaan Suparman maupun Marzuki agar kasus itu dihentikan tak membuat Bareskrim serta-merta menurutinya dengan menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3).

Menurut Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Kombes Pol Umar Surya Fana, penyidikan kasus itu tetap berjalan. Upaya tersangka menghadirkan saksi ahli meringankan juga tak berpengaruh pada penyidikan di kepolisian.

“Itu (keterangan saksi) diujinya di pengadilan. Kami hanya memeriksa saja,” ujarnya melalui pesan singkatnya Selasa (29/9).

Anak buah Komjen Anang Iskandar di Bareskrim Polri itu menjelaskan, berdasarkan menurut Pasal 65 dan 116 KUHAP, penyidik harus mengakomodir permintaan tersangka untuk memeriksa saksi meringankan. Namun, katanya, keterangan saksi ahli untuk meringankan tidak harus diikuti dengan penghentian sebuah perkara.

“Selagi penyidik sudah memiliki dua alat bukti maka kasus ini bisa dilanjutkan,” katanya. “Yang pasti kasus ini akan lanjut,” katanya.

Sebelumnya Ari Yusuf Amir yang menjadi kuasa hukum Suparman Marzuki menyatakan, kasus yang menjerat kliennya sebaiknya dihentikan saja. Pasalnya, ada surat dari Dewan Pers yang menyebut kasus itu bukan pidana, melainkan sengketa pers.

“Kami serahkan ke penyidik, penyidik yang punya kewenangan untuk dihentikan tanpa perlu pencabutan laporan dari pelapor. Biar penyidik yang menilai,” tegasnya kemarin saat di Bareskrim (28/9). (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top