Fungsi Humas Bangun Citra Pemerintah Daerah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Fungsi Humas Bangun Citra Pemerintah Daerah

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Batang menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Bakohumas Kabupaten Batang Tahun 2015 di aula Kantor Bupati Batang Selasa (29/9). Acara diikuti sekitar 75 orang dari utusan SKPD dengan narasumber Fazani dari UPKP2 Batang (Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik) dengan materi transparansi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Batang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Batang, Gagok Prasetyono, mengatakan humas memiliki peran penting dalam membangun citra Pemerintah Kabupaten Batang, serta berfungsi sebagai “jembatan” antara institusi dengan publik. “Untuk meningkatkan peran dan fungsi instansi pemerintah dalam pelancaran arus informasi antar lembaga dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Batang, perlu terus dilakukan koordinasi dan kerja sama antar humas Lembaga Pemerintah Daerah dan BUMD di Kabupaten Batang. Oleh karenanya, Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah perlu dikembangkan dan diberdayakan sebagai institusi non formal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang,” ujar Gagok.
Pertemuan Bakohumas ini sesuai dengan tema “Optimalisasi Peran Humas Dalam Pengelolaan Informasi Publik”. “Saya berharap kegiatan ini dapat mengoptimalkan peran humas di masing-masing SKPD dalam pengelolaan informasi khususnya dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan pemerintahan dan pembangunan dari SKPD masing-masing. Hal ini diperlukan, mengingat tugas dan fungsi Saudara-saudara selaku anggota Bakohumas,” ujar dr Muchlasin. M.Kes, staf ahli Bupati Batang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada saat membuka acara.
“Tugas saudara selaku anggota Bakohumas adalah membantu bupati dalam menetapkan kebijaksanaan pembinaan hubungan yang lancar dan harmonis antara masyarakat dan pemerintah, mengadakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan kerja sama antara humas SKPD/BUMD, serta merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah. Sedangkan fungsinya adalah memberikan informasi kepada masyarakat dan lingkungan terkait dengan kinerja, kebijakan, dan program pemerintah serta menyerap dan menghimpun informasi dari masyarakat sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi pemerintah,” tuturnya.
Berdirinya Bakohumas tidak lepas dari fungsi kehumasan yang ada pada masing-masing SKPD. Aktivitas kehumasan seharusnya berkontribusi terhadap kelancaran arus informasi. Bakohumas diharapkan dapat mengelola simpul-simpul informasi dan komunikasi bagi para anggotanya.
“Melalui Bakohumas kita membangun sistem komunikasi yang terpadu sebagai penunjang pembangunan. Melalui Bakohumas ini pula saya juga berharap agar transparansi informasi dapat dikelola dengan baik. Transparansi informasi bukan hanya kebutuhan masyarakat melainkan juga kebutuhan pemerintah. Transparansi sangat dibutuhkan untuk membangun pemerintahan yang baik,” lanjut Muchlasin. (feb)

loading...
Click to comment
To Top