NASA Temukan Bukti Baru! Ada Air di Permukaan Mars dan Terus Mengalir – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

NASA Temukan Bukti Baru! Ada Air di Permukaan Mars dan Terus Mengalir

WASHINGTON – Badan Antariksa Amerika (NASA) mengumumkan para ilmuwan mereka telah berhasil menemukan sumber air di Planet Mars. Bahkan, mereka telah membuktikan bahwa air dari waktu ke waktu mengalir di permukaan planet merah tersebut hingga saat ini.

Penemuan ini sekaligus memberi harapan dapat menemukan kehidupan di permukaan planet tersebut.

“Keberadaan air dalam bentuk cair memberikan kemungkinan kepada adanya kehidupan di Planet Mars,” kata juru bicara NASA, John Grunsfeld.

Katanya para peneliti NASA menggunakan gambar yang dikirim oleh Mars Reconnaissance Orbiter untuk menganalisis efek aliran air yang muncul berdasarkan musim di beberapa daerah permukaan planet tersebut.

Sebelumnya para ilmuwan hanya bisa mengkonfirmasi air pernah pada masa lalu membanjiri permukaan Mars sebelum atmosfer planet itu terlalu panas untuk bisa terus mempertahankan air di permukaan.

Tapi dengan bukti terbaru ini, mereka juga dapat memverifikasi bahwa air dari waktu ke waktu muncul di permukaan Mars sesuai musim.

Namun NASA masih tidak dapat menjelaskan, dari mana air itu datang – hanya memberikan teori yang mungkin berasal dari es yang mencair atau mata air dari bawah tanah.

“Ia masih lagi satu fenomena yang misterius bagi kita semua,” kata ilmuwan terkemuka Program Eksplorasi Mars NASA, Michael Meyer.(ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top