Nelayan Galau Tunggu Ketetapan Alat Tangkap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Nelayan Galau Tunggu Ketetapan Alat Tangkap

SEMARANG, RAJA – Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Tengah berharap ada ketegasan dari Pemerintah terkait alat tangkap ikan yang boleh dan tidak boleh digunakan.

“Alat tangkap itu kan bermacam-macam, di antaranya pukat dan cantrang. Harapannya kami sebagai nelayan diberikan pemahaman alat tangkap mana yang boleh digunakan dan dilarang digunakan,” kata Wakil Ketua HNSI Jateng Ali Mulyono di Semarang, Senin.

Diakuinya, hingga saat ini banyak nelayan yang ragu melaut karena takut tindakan yang mereka lakukan dalam menggunakan alat tangkap ternyata tidak diperbolehkan Pemerintah. “Sebagian kapal yang masa berlaku surat izin berlayar sudah habis hingga saat ini belum melaut karena mereka masih bingung terkait urusan perizinan tersebut,” katanya.

Oleh karena itu, dengan kejelasan penggunaan alat tangkap tersebut, para nelayan dapat segera mengurus surat izin berlayar terutama untuk kapal dengan ukuran di atas 30 groston (GT).

Ali mengatakan, khusus untuk kapal dengan ukuran di atas 30 GT ketentuannya lebih tegas dibandingkan dengan nelayan-nelayan kecil di antaranya mengenai alat tangkap yang digunakan, wilayah tangkapan ikan, dan ketentuan tempat pelabuhan ikan. “Dengan adanya surat izin berlayar tersebut, akan ada rekomendasi alat tangkap yang dikeluarkan oleh satuan kerja di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” katanya.

Selain itu, dengan adanya surat izin tersebut para nelayan dapat tahu wilayah mana saja yang boleh digunakan untuk melaut. Di lain pihak mereka juga bisa mengetahui tempat pelabuhan ikan yang boleh disandari. “Pada dasarnya dengan adanya surat izin berlayar tersebut para nelayan tidak perlu khawatir mereka akan menyalahi aturan,” katanya. (In)

To Top