Saran Mendagri untuk Pemerintah Desa, Buatlah Rencana tidak Lebih Dua Lembar Kertas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Saran Mendagri untuk Pemerintah Desa, Buatlah Rencana tidak Lebih Dua Lembar Kertas

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, empat puluh persen dana dari total Rp20,7 triliun dana desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015, sudah terserap 40 persen.

“Saya yakin cepat. Saya berpikir positif semua kepala daerah pasti ingin (pembangunan–red) desanya cepat merata,” ujar Tjahjo, Selasa (29/9).

Untuk mendukung percepatan penyerapan, Tjahjo menilai para kepala desa cukup menyusun perencanaan sesederhana mungkin. Bahkan bila perlu hanya di atas dua lembar kertas.

“Enggak usah seperti merencanakan anggaran provinsi atau kabupaten-kota. Pertanggungjawabannya juga simpel,” ujarnya.

Khusus kepada pemerintah daerah, politisi PDIP ini meminta agar pencairan dana desa dilakukan sekaligus. Jangan pertermin.

“Masa’ hanya Rp 240 juta dibagi tiga termin. Karena kalau membangun belum selesai, terpaksa menunggu pencairan. Macet lagi akhirnya. Padahal waktunya sudah tinggal tiga bulan.”

Menurut dia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) telah membuat program, guna mendukung upaya percepatan penyerapan dana desa. Masing-masing menyangkut infrastruktur, kesejahteraan rakyat dan memerbaiki jalan.

“Kami menyiapkan perangkat desanya agar lebih memahami apa fungsi dan posisi sebuah perangkat desa terpadu. Kemudian mengenai perencanaan program dari kemendes yang menyusun program desa, dan pendampingan bersama-sama bupati dan wali kota,” terangnya. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top