Tanpa Daur Ulang, Suku di Ethopia Jadikan Sampah Sebagai Aksesoris Kecantikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Tanpa Daur Ulang, Suku di Ethopia Jadikan Sampah Sebagai Aksesoris Kecantikan

FAJAR.CO.ID, ETHOPIA – Untuk terlihat cantik, salah satu suku di Ethopia ini memiliki kebiasaan unik, Suku Daasanach. Suku semi nomaden yang menduduki lembah Omo di Ethopia tersebut biasanya menggunakan sampah dari masyarakat modern untuk dijadikan aksesoris kecantikan dan fashion tanpa didaur ulang.

Diantara Tren fashion dalam suku Daasanach yang paling menarik adalah penutup kepala. Dimana mereka merangkai segala macam benda asing untuk dijadikan penutup kepala. Benda-benda itu bisa berupa penutup botol, jam tangan rusak, penjepit rambut, dan benda-benda kusam lainnya dari jenis plastik dan besi.

Sebagaimana dilansir amusingplanet.commereka biasanya menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mengumpulkan benda tersebut. Kemudian dipakai oleh pria-wanita atau yang muda dan yang tua.

Suku Ethopia ini, saat ini kurang lebih berjumlah 50.000 individu. Dahulu mereka hidup nomaden. Berpindah dari satu daerah ke darah yang lain. Tergantung dari persedian makanan dan air yang ada di lingkungan sekitar.

Namun setelah kurang lebih 50 tahu belakangan, mereka mulai tergantung pada perkebunan. Sebagaimana suku lainnya di daerah sekitar, Daasanach kini menenmpati lembah Omo, dekat sungai Omo. Sehingga memungkinkan mereka untuk bercocok tanam dengan baik.

Transisi mereka menuju kehidupan layaknya masyarakat modern kemudian didokumentasikan oleh Eric Lafforgue, seorang fotografer yang telah menghabiskan beberapa tahun hidup dengan mereka. (imn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top