Tiga Ruas Jalan Ini Bebas PKL – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tiga Ruas Jalan Ini Bebas PKL

SOLO, RAJA – Pemerintah Kota Surakarta akan membebaskan tiga ruas jalan utama di Kota Solo yaitu Slamet Riyadi, Urip Sumoharjo, dan Ir Sutami dari pedagang kaki lima (PKL) mulai Kamis (1/10).

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Pemkot Surakarta Subagiyo di Solo, Senin, meminta seluruh pedagang menaati aturan yang ada. “PKL di tiga ruas jalan utama Kota Solo harus pindah berjualan di tempat yang telah ditentukan mulai Kamis (1/10) mendatang. Pemkot akan menjatuhkan sanksi yustisi jika PKL di tiga ruas jalan meliputi Jl Slamet Riyadi, Jl Urip Sumoharjo dan Jl Ir Sutami nekat menggelar dagangan,” katanya.

Ia mengatakan, mulai 1 Oktober 2015 aturan ini akan diberlakukan dan pihaknya siap melakukan tindakan tegas. Pihaknya sudah berupaya mencari solusi atas kebijakan tersebut. Berdasarkan data DPP, saat ini terdapat 130 PKL yang mengais rezeki di tiga ruas jalan tersebut.

Jumlah itu masih ditambah dengan 60 PKL yang berjualan di “citywalk” Jalan Slamet Riyadi. “Ya kami sudah sosialisasi ke pedagang bahwa kawasan itu menjadi kawasan terbatas berdagang,” katanya.

Ia menerangkan pedagang hanya diperbolehkan menggelar dagangan pada malam hari. Jika membandel, akan ditindak tegas, dan sanksi yustisi akan dikenakan jika PKL kedapatan melanggar aturan yang diberlakukan. Dikatakan, penertiban PKL dilakukan untuk mengembalikan fungsi trotoar. Selama ini, PKL memakan trotoar untuk menggelar dagangan. (in)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top