Wagub Minta Warga Tak Lindungi Odha – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Wagub Minta Warga Tak Lindungi Odha

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang prihatin dengan kondisi penyalaggunaan Napza dan penderita HIV AIDS di Sulsel. Keperihatinan orang nomor dua Sulsel ini sangat beralasan, mengingat daerah ini berada pada posisi Provinsi ke 8 kasus Napza dan HIV/AIDS terbesar di Indonesia.

Dengan kondisi seperti itu, Mantan Ketua DPRD Sulsel itu menghimbau kepada semua masyarakat untuk tidak melindungi orang dengan HIV-AIDS (odha). Dia meminta agar segera melapoprkan kepada pihak berwajib apabila menemukan indikasi penyalahgunaan Napza.

“Untuk mencegah laju penderita odha saya minta masyarakat untuk tidak melindungi. Jika ada ditemukan, segera laporkan,” pinta Agus pada sosialisasi Forum Penanggulangan dan Pencagahan Napza dan HIV/AIDS di Hotel Horizon Panakukang, Selasa 29 September.

Pada kesempatan itu, Agus menegaskan bahwa tugas kita semua bukan hanya menangani para pemakai atau penderita, tetapi jauh lebih penting adalah mencegah masyarakat yang belum terkena kasus Napza dan HIV/AIDS. Menurutnya, untuk mencegah dan menanggulangi hal tersebut harus dimulai pada lingkungan keluarga, kemudian lingkungan sekolah atau pendidikan dan selanjutnya lingkungan masyarakat umum.

Agus juga berharap kepada instansi terkait untuk melakukan kampanye melalui media massa bagaimana berbahanya apabila orang menyalahgunakan Napza. Dan memberikan gambaran visualisasi bagi pemakai yang meninggal akibat penyalahgunaan Napza dan penderita HIV/AIDS.

Sementara itu Kepala Biro Napza Setda Sulsel Sri Endang, mengatakan, kasus penyalahgunaan Napza di Sulsel hingga saat ini sudah mencapai  9871 kasus atau sekitar 15 kasus dalam sebulan. (iad)

Click to comment
To Top