Wapres: 2019, Indonesia Tambah Pasukan Perdamaian di PBB – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Wapres: 2019, Indonesia Tambah Pasukan Perdamaian di PBB

FAJAR.CO.ID, NEW YORK – Setidaknya ada sepuluh kepala negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bertemu di Peacekeeping Summit di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, Senin (28/9) sore waktu setempat. Selain para pemimpin negara itu, juga turut dihadiri sekitar 50-an negara kontributor peacekeeping force PBB.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam pidatonya dihadapan para pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang pasukan perdamaian paling konsisten sejak tahun 1950-an.

Bahkan, saat ini pasukan perdamaian Indonesia akan ditingkatkan menjadi 4.000 orang prajurit dari TNI dan Polri. Setidaknya itu akan dilakukan ditahun 2019 mendatang. Jumlah tersebut ditingkatkan untuk mengantisipasi situasi dunia yang kerap berkecamuk serta adanya tuntutan dari negara-negara akan kebutuhan dan pentingnya pasukan perdamaian.

“Saat ini, jumlah pasukan perdamaian Indonesia baru berjumlah 2.730 orang prajurit TNI dan Polri. Mereka bertugas dalam misi perdamaian PBB di 9 wilayan konflik,” ujar JK yang didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi serta Perwakilan Tetap RI di PBB Desra Percaya dan pejabat lainnya.

Namun, bukan jumlah pasukan perdamaian yang penting saat ini. Tetapi bagaimana mencegah terjadinya konflik-konflik di negara maupun antarnegara di dunia. “Kita semua harus bekerja keras mencegah terjadinya konflik tersebut dengan memberikan rasa keadilan sosial, ekonomi dan pembangunan yang lebih baik, dan partisipasi dalam politik dan tata kelola yang baik,” ujarnya.

“Bahkan Rais Abin, pernah dinobatkan sebagai Komandan Pasukan Peacekeeping Force UN. Olehnya itu, Indonesia terus bertekad menjadi bagian dari Peacekeeping Force sesuai amanat konstitusi yang mengharuskan Indonesia ikut serta dalam melaksanakan perdamaian dan ketertiban dunia,” tandasnya. (hrm)

Click to comment
To Top