Urus Izin Investasi Hanya 3 Jam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Urus Izin Investasi Hanya 3 Jam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Paket kebijakan ekonomi jilid II akhirnya diluncurkan, kemarin. Fokusnya masih seputar deregulasi perizinan investasi. Izin investasi dipangkas dari delapan hari menjadi tiga jam. Kebijakan ini merangsang lapangan kerja baru.

Pemerintah juga memberi insentif bagi pengusaha pengekspor yang membawa devisa hasil ekspor ke dalam negeri. Pajak bunga deposito dolar bisa sampai 2,5 persen, bahkan sampai 0 persen.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, perbaikan layanan investasi masih menjadi fokus karena presiden sudah menginstruksikan peningkatan daya saing Indonesia.

“Paket kebijakannya sedikit, tapi diharapkan nendang (terasa di dunia usaha, Red),” ujarnya setelah rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa 29 September.

[NEXT-FAJAR]

Salah satu kebijakan yang disebut Darmin “nendang” adalah deregulasi dalam sistem perizinan investasi di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Darmin menyebut segera berlaku Layanan Cepat Investasi.

Layanan itu berlaku untuk investor yang akan membangun pabrik di kawasan industri. Izin Analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) tidak lagi diperlukan karena sudah dimiliki oleh kawasan industri. (jpnn-sbi/rif-ars)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi September 2015

loading...
Click to comment
To Top