Baru 37 Desa Terima Dana Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Baru 37 Desa Terima Dana Desa

KENDAL, RAJA – Rapat Koordinasi Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Selasa (29/9) digelar oleh Bapermaspemdes di pendopo Kabupaten Kendal dan diikuti seluruh Kades dan Camat serta instansi terkait. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mempercepat pencairan dana desa sebagai implementasi Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Kepala Bapermaspemdes Ir. Subaedi mengatakan bahwa untuk dana desa yang telah ditetapkan APBD adalah Rp74.239.102.000, yang diperuntukkan bagi 266 desa. Sedang realisasinya sampai dengan 29 September sebesar Rp3.945.512.201 untuk 37 desa. “Kalau diprosentase maka realisasi dana tersebut adalah 5,3%. Untuk tingkat Jawa Tengah kita berada pada ranking 31 dari 35 kabupaten/kota se- Jawa Tengah,” jelas Subaedi.

Ditambahkan, bahwa ADD proporsionalnya dari pagu anggaran sebesar Rp37.336.649.200 sudah dicairkan Rp5.152.560.770 bagi 112 desa atau baru 13 % dari pagu anggaran yang ada. Subaedi juga mengatakan bahwa para Kades dan Perangkat Desa semuanya sudah menerima penghasilan tetap yang menjadi haknya.

Penjabat Bupati Drs. Kunto Nugroho Hari Putranto M.Si di hadapan para peserta rakor, berpesan khusus kepada para Kades. Kunto berpesan agar para Kades segera membuka rekening kas desa untuk menampung dana desa dan pendapatan desa lainnya. “Alokasi penghasilan tetap Kades dan Perangkat Desa sebesar 10 % dari realisasi penerimaan pajak dan retribusi daerah,” jelas Kunto.

Kunto minta agar aparat pemerintah desa bisa memberikan pelayanan publik yang baik, cepat dan cermat. Dia berharap supaya warga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang baik. “Kalau pelayanan publiknya bisa berjalan dengan baik maka akan tumbuh partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam pelaksanaan pembangunan,” katanya.

“Pelajari, pahami, pedomani semua perundang-undangan. Jangan dilanggar, jangan diselewengkan untuk kepentingan pribadi apalagi dikorupsi,” pinta Kunto serius. (kdl)

loading...
Click to comment
To Top