Koperasi Sulsel Optimis Hadapi AEC – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Koperasi Sulsel Optimis Hadapi AEC

FAJAR.CO.ID MAKASSAR — Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (Dekopinwil Sulsel), Dr. Rahman Halid, optimis menyambut berlakunya ASEAN Economic Community (AEC) atau pemberlakuan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara.

AEC dibangun atas empat pilar yang didasarkan pada terbentuknya pasar dan basis produksi yang satu, bersama-sama membangun ASEAN menjadi satu kawasan berdaya saing tinggi, menciptakan kawasan terbangun dengan ekonomi merata, dan terwujudnya integrasi kawasan ASEAN dengan perekonomian dunia.

Menurutnya, ada empat skenario yang menjadi landasan Dekopinwil Sulsel dalam menghadapi AEC yang menyentuh empat aspek yaitu, Paradigma, perspektif, dan orientasi gerakan. Kinerja manajemen dalam mencapai visi dan misi. Budaya organisasi, dan Jaringan kerjasama (networking) yang merupakan satu kesatuan yang saling terkait.

Hal itu disampaikan Rahman saat melantik kepala dan pengurus Lembaga Pendidikan Koperasi Wilayah Sulawesi Selatan (Lapenkop Wil Sulsel) Periode 2015 – 2020, di Celebes Convention Center, Rabu 30 September.

Selama lima tahun lembaga yang mengurusi bidang pendidikan dan pelatihan koperasi se – Sulsel itu, akan dinahkodai oleh Irwan Kurniawan yang menjabat Kepala Lapenkop Wil Sulsel, didampingi Muhammad Yunus, dan Muhammad Ishaq Halim menjabat Pelatih, dan Suhardi menjabat Administrasi dan Keuangan.

Usai pelantikan, Irwan Kurniawan menuturkan akan memaksimalkan fungsi lembaga yang dipimpinnya selama lima tahun ke depan, “Bersama seluruh pengurus Lapenkop yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulsel, kami akan menjalankan tugas dan fungsi lembaga secara maksimal, sebagaimana yang diamanatkan pada pelantikan tadi,” tutur Irwan.

Lapenkop memiliki tugas diantaranya melaksanakan, memfasilitasi, serta mengorganisasikan pendidikan, dan pelatihan pemandu, pengurus, pengawas, karyawan, lokakarya dan konsultasi pengembangan koperasi sesuai kebutuhan. Melakukan analisa uji kebutuhan pendidikan anggota, pengurus, pengawas, karyawan, lokakarya, dan konsultasi pengembangan koperasi sesuai kebutuhan.

Pelantikan dirangkaikan dengan konsolidasi pimpinan Dekopinwil/Dekopinda Sulsel yang dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim, dan pengurus Dekopinda se – Sulsel.
Syamsu Alam mengungkapkan siap bekerjasama dengan lembaga manapun untuk memajukan koperasi di Sulsel, “Dinas Koperasi dan UKM Sulsel siap bekerjasama dengan lembaga naungan Dekopinwil, apapun itu untuk memajukan koperasi di Sulsel,” tegas Syamsu Alam. (lin)

loading...
Click to comment
To Top