Pengembang Program Sejuta Rumah Terancam Dipolisikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pengembang Program Sejuta Rumah Terancam Dipolisikan

FAJAR.CO.ID, BANTAENG – Lahan seluas 1.800 meter persegi milik SMA I Tompo Bulu dilaporkan telah dicaplok oleh pengembang  perumahan program sejuta rumah. Selain mencaplok lokasi, pengembang juga ditengarai  membongkar beberapa unit bangunan perumahan sekolah yang merupakan aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Persoalan ini terungkap ketika digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) alias hearing oleh komisi A DPRD Bantaeng, Senin, 28 September kemarin dengan menghadirkan sejumlah SKPD terkait seperti, Dinas Dikpora, Dinas Pengelolaan Aset Daerah, Inspektorat dan Kabag Permerintahan Pemkab. Selain itu juga diundangt Dinas PU Cipta Karya dan perusahaan pengembang perumahan. Hanya saja, hingga rapat usai, keduanya tidak hadir.

Sekretaris Komisi A, Suwardi, pembongkaran aset daerah yang diduga dilakukan pengembang itu dinilai telah menyalahi aturan dan undang-undang terkait aset daerah. Apalagi, pembongkaran tersebut tanpa melalui persetujuan dewan.

“Ini sudah menyalahi aturan undang-undang terkait keberadaan aset daerah. Kalau mau melakukan pembongkaran, semestinya Pemkab terlebih dahulu mengusulkan penghapusan aset untuk mendapat persetujuan DPRD. Tapi sangat disayangkan, mekanisme ini tidak ditempuh Pemkab,” jelas Suwardi, Rabu 30 September. (taq)

loading...
Click to comment
To Top