Rombongan Datsun Risers Expedition Kunjungi Kete Kesu di Toraja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Rombongan Datsun Risers Expedition Kunjungi Kete Kesu di Toraja

FAJAR.CO.ID, RANTEPAO — Bertolak dari Makassar, Selasa, 29 September, rombongan Datsun Risers Exepedition (DRE) gelombang II etape III tiba di Toraja Utara pada malam harinya.

Selanjutnya rombongan diajak mengunjungi salah satu ikon wisata Sulsel, Kete Kesu. 15 risers (sebutan untuk peserta DRE) diberi kesempatan mengorek sejarah beserta keunikan adat setempat. “Ini adalah satu keragaman yang ada di Indonesia,” ujar Usman, guide yang memandu rombongan.

Kete Kesu adalah suatu desa wisata di kawasan Toraja Utara yang dikenal karena adat dan kehidupan tradisional masyarakat dapat ditemukan di kawasan ini.

Di dalam Kete Kesu terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih. Di dalam kubur batu yang menyerupai sampan atau perahu tersebut, tersimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia.

Hampir semua kubur batu diletakkan menggantung di tebing atau gua. Selain itu, di beberapa tempat juga terlihat kuburan megah milik bangsawan yang telah meninggal dunia. (yat)

Click to comment
To Top