25 Ha Hutan Produksi Gowa Terbakar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

25 Ha Hutan Produksi Gowa Terbakar

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Kebakaran hutan dalam kawasan PT Inhutani di Desa Manuju Kecamatan Manuju Gowa dilaporkan terbakar, sejak Senin 28 September lalu. Luas hutan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai 25 hektare. Beruntung api tidak sampai ke permukiman warga setelah secara berotong royong berhasil memadamkan api secara manual.

Kadis Kehutanan dan Perkebunan Gowa, HM Yusuf didampingi Kasi Perlindungan Pengawasan dan Pengamanan, Kadir di kantornya, Kamis 1 Oktober mengatakan, lahan tersebut masuk kawasan areal penggunaan lain (APL) yang merupakan lahan milik masyarakat.

“Dari modus pembakaran, diduga dipicu dari upaya membuka lahan pertanian dan perkebunan baru masyarakat sekitar. Tapi apapun alasannya itu tidak dibenarkan jika membuka lahan dengan membakar hutan. Perbuatan itu melanggar UU No 41 tahun 1999 tentang kehutanan. Pelaku pembakaran hutan diancam pidana maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp5 miliar,” ujarnya.

Terkait pelaku pembakaran hutan di Manuju, Dinas Kehutanan masih mencari tahu. “Kita masih menyelidiki siapa pelakunya. Yang jelas ketika data sudah lengkap, kita laporkan ke polisi,” janjinya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top