Datsun Risers Expedition Etape III di Bulukumba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Datsun Risers Expedition Etape III di Bulukumba

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Selepas mengunjungi patung Arung Palakka di lapangan Merdeka, Watampone, Datsun Risers Expedition Etape III bertolak ke lokasi pembuatan perahu pinisi di Bulukumba. Di lokasi, risers belajar bagaimana proses pembuatan perahu pinisi. Dari penjelasan Guide, pinisi merupakan kapal layar tradisional khas yang hanya dibuat Suku Bugis-Makassar. “Prosesnya handmade, tanpa bantuan teknologi,” ujar Guide.

Pembuatan pinisi terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Pinisi sebenarnya merupakan nama layar. Kapal itu umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh layar terdiri atas tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang. Umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau.

Dua tiang layar utama tersebut berdasarkan dua kalimat syahadat dan tujuah buah layar merupakan jumlah dari surah Al-Fatihah. Pinisi sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang dan juga mempunyai makna nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia. (yat)

loading...
Click to comment
To Top