Formap-KIA Buat Film Dokumenter – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Formap-KIA Buat Film Dokumenter

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Keberhasilan Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (Formap-KIA) Bulukumba dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi menarik perhatian United States Agency for International Developmen (USAID). Lembaga bantuan sosial internasional itu mendokumentasikan seluruh proses kegiatan forum tersebut dalam bentuk film dokumenter.

Tim dokumentasi yang didatangkan dari Jakarta itu mengambil lokasi shooting di beberapa tempat, seperti Dinas Kesehatan dan gedung DPRD. Film ini nantinya menjadi sampel best practice dari sejumlah Forum Masyarkat Madani (FMM) yang terbentuk di hampir seluruh Indonesia.

Sekretaris Formap-KIA Bulukumba, Irfan Badri mengatakan Butta Panrta Lopi patut berbangga karena menjadi salah satu daerah yang dinilai berhasil menurunkan angka kematian ibu dan bayi selama lebih dari satu tahun terakhir. Yang menjadi point penting keterlibatan seluruh elemen masayarakat yang tergabung dalam forum. “Film ini nanti berisi pejalanan dan upaya forum yang terdiri dari beberapa organisasi masyarakat dan media dalam menekan kematian ibu dan bayi. Termasuk advokasi peningkatan anggaran kesehatan khususnya bidang KIA, dan alhamduillah, dua tahun terakhir kematian ibu dan bayi mulai berkurang,” ujarnya di sela-sela pembuatan film, Kamis 1 Oktober.

Salah satu hasil kongkretnya, yakni dengan lahirnya peraturan daerah, peraturan bupati, surat edaran bupati, hingga peraturan desa, terkait masalah ibu dan bayi, termasuk peningkatan anggaran untuk bidang kesehatan. Alhasil, angka kematian ibu per Januari-September 2015 menunjukkan trend penurunan, yakni 4 kasus. Sementara di tahun 2014, 11 kasus, dan 2013 12 kasus. “Tujuan film ini untuk menginspirasi masyarakat di daerah lainnya dalam upaya menurunkan jumlah kematian ibu dan bayi,” jelas mantan ketua PMII Bulukumba ini. (taq)

loading...
Click to comment
To Top