Idihh.. Ternyata SDA Pernah Ngamuk Anak Buahnya Gara-Gara KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Idihh.. Ternyata SDA Pernah Ngamuk Anak Buahnya Gara-Gara KPK

FAJARONLINE, JAKARTA- Suryadharma Ali (SDA) rupanya sempat ketar-ketir begitu mengetahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus penyelewengan dana operasional menteri (DOM) di Kementerian Agama. Menteri agama di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II itu bahkan sempat marah sehingga memerintahkan anak buahnya di Kemenag mengubah data pengeluaran DOM yang digunakan untuk keperluan pribadi.

Hal itu terungkap dalam berita acara pemeriksaan (BAP) atas Staf Biro Umum Kemeag, Andri Alphen yang dibacakan pada persidangan atas SDA di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9). Jaksa penuntut umum (JPU) KPK, Abdul Basir pun mengklarifikasi BAP itu ke Andri yang bersaksi atas SDA.

Merujuk pada BAP, Andri bersama dua staf tata usaha Kemenag, Rosandi dan Nurfahmi, dipanggil SDA ke rumah dinas menteri agama. Andri bersama dua rekannya pun kena semprot amarah SDA.

“Karena Pak Surya baca hasil temuan dari KPK digunakannya DOM untuk pembuatan paspor dan biayai pengobatan. Itu betul?” tanya Abdul Basir.

Andri pun membenarkan kesaksiannya dalam BAP itu.  Menurutnya, SDA sempat menggebrak meja.

Namun, dia mengaku tidak mengetahui kebenaran soal SDA yang menggunakan DOM untuk biaya paspor cucunya. “Tidak tahu, Pak,” jawabnya.

Jaksa menyebutkan, saat itu SDA langsung memerintahkan Rosandi mengubah data seluruh pengeluaran DOM yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan keluarganya. “Itu benar?” tanya JPU.

Lagi-lagi, Andri membenarkan hal tersebut. “Seingat saya bukan dihapus, tapi mengubah tanggal,” jelasnya.

Menanggapi kesaksian bekas anak buahnya, SDA tidak terima begitu saja. Dia mengklaim kemarahannya bukan karena ketakutan dengan temuan KPK, melainkan lantaran terkejut dan bingung soal pembuatan paspor cucu menggunakan DOM.

Padahal, bekas ketua umum PPP itu sudah berpesan kepada sekretaris Menag, Syarifudin dan wakilnya Abdul Wadud.
“Jangan sampai gunakan DOM untuk keperluan pribadi saya. Kalau saya gunakan, dicatat. Nanti saya kembalikan,” ujarnya.(put/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top