Jejak Inspirasi Kolumnis FAJAR Dibedah di Redaksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jejak Inspirasi Kolumnis FAJAR Dibedah di Redaksi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR Buku Jejak-jejak Inspirasi Lima Kolumnis FAJAR dibedah di studio mini redaksi Harian FAJAR, Kamis, 1 Oktober, pagi ini. Dikusi ini menghadirikan budyawan Ishak Ngeljaratan dan dipandu redaktur Harian FAJAR, Dian Hendiyanto didaulat menjadi moderator.

Sebelum diskusi buku ditampilkan sejumlah pementasan berupa pembacaan tulisan para kolum oleh sejumlah wartawan keker Harian FAJAR. Tulisan mereka dibaca dengan gaya puitis.

Ishak yang menjadi pembicara tunggal banyak mengulas sisi budaya dan berbagai hal tentang penulisan. Ia misalnya membeberkan, tentang ketokohan HM Ali Hamu sebagai pendiri FAJAR sebagai sosok yang sesungguhnya “inspiratif” untuk para penulis kolom di Sulsel. Lewat karya bernama koran FAJAR adalah wadah untuk menuliskan berbagai hal.

Selain diskusi, pada kesempatan itu pula diluncurkan buku kumpulan tulisan lima kolumnis FAJAR setebal 196 halaman. Buku ini dikerjakan tim penelitian dan pengembangan dibantu tim redaksi. Ada lima penulis Rahman Arge (budayawan), Fuad Rumi (gelitik dari UMI), Prof Dr Ahmad Ali, SH MH (1.001 Masalah hukum dari Unhas) dan Ahyar Anwar (budayawan UNM). Buku ini sekaligus menjadi penghargaan untuk almarhum dan keluarga memperingati HUT ke 34 tahun FAJAR.

Diskusi berlangsung hampir empat ham lamanya, namun tetap dalam suasana cair dan akrab. Maklum para penulis lain yang kerap mengisi halaman-halaman FAJAR turut hadir seperti Prof Dr Ijtiana Daud SH, MH (kolumnis masalah kesetaran gender), Aswar Hasan, Muhammad Hasrullah, Dahlan Abubakar (Kabiro Humas Unhas), Sakka Pati, Mulyadi turut hadir dalam diskusi tersebut.

Chairman PT Fajar Group HM Alwi Hamu dan jajaran direksi Syamsu Nur dan Syaifuddin Makka (Komisaris), Faisal Syam (direktur PT Fajar Koran), ikut berbaur dengan para peserta. (sam/aci)

Click to comment
To Top