Kapolda Curiga Ada Keterlibatan Oknum Anggota Polres Lumajang dalam Kasus Salim Kancil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Kapolda Curiga Ada Keterlibatan Oknum Anggota Polres Lumajang dalam Kasus Salim Kancil

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji memerintahkan jajarannya untuk menyelidiki lebih dalam keterlibatan antara Kades Selok Awar Awar Hariyanto dan beberapa oknum polisi dari Polres Lumajang dalam kasus penambangan pasir dan pembunuhan aktivis Salim Kancil.

Kini, Polda Jatim menerjunkan tim khusus dari ditreskrimum, jatanras, dan propam untuk menangani kasus ini. “Penyelidikan dilakukan oleh tim khusus agar pemeriksaan lebih terbuka dan tidak pandang bulu,” tegas Anton.

Mantan Kapolda Sulsel itu menduga ada personel polisi yang terlibat dalam kasus itu dengan cara membiarkan pembunuhan itu terjadi. Karena itu, pihaknya tidak akan main-main dalam menghukum mereka sesuai dengan kode etik.

“Jika pihak polres terbukti membiarkan laporan dari korban dan warga sekitar, kami akan hukum sesuai kode etik. Tapi, kami masih menunggu pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Anton menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan satu peleton pasukan Brimob Polda Jatim untuk mengamankan tempat kejadian perkara. Selain itu, polisi juga menyiapkan ang- gota yang disiagakan di rumah sakit tempat Tosan yang saat ini masih kritis dirawat.

“Tosan merupakan saksi kunci yang akan membuka siapa dalang dan aktor intelektual yang terlibat dalam kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Polres Lumajang telah menetapkan puluhan or-ang tersangka dalam kasus pengeroyokan dan penganiayaan terhadap Salim Kancil dan Tosan. Merek diamankan di Mapolda Jatim. Setelah tiba di Mapolda Jatim, kemarin (30/9), sekitar pukul 00.00, para tersangka menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Dokkes Polda Jatim. (sar/ dia/han/c2/jay/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top