Kontingen Pesparawi Salatiga Wakili Jateng Maju Tingkat Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kontingen Pesparawi Salatiga Wakili Jateng Maju Tingkat Nasional

SALATIGA – Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Kota Salatiga untuk mengikuti lomba Pesparawi Nasional XI 2015 di Ambon, Maluku, dilepas oleh Walikota Salatiga beserta Forkopinda. Acara pelepasan berlangsung di rumah dinas Walikota Salatiga di Jalan Diponegoro No 1 Salatiga, Rabu (30/9) malam kemarin.

Ketua Kontingen Pesparawi Kota Salatiga, Hallawa mengatakan, bahwa lomba tersebut dilaksanakan 2 hingga 12 Oktober 2015 di Ambon. Kontingen Kota Salatiga dalam ajang ini mewakili Provinsi Jawa Tengah dan membawa sebanyak 68 personil termasuk official. Kontingen ini terdiri dari kelompok paduan suara pria, wanita, dewasa, campuran serta paduan suara solo pria.
“Kami dari Kota Salatiga dalam Pesparawi tingkat nasional ini mewakili Provinsi Jawa Tengah. Anggota paduan suara yang kami bawa sebanyak 68 personil termasuk pula kelompok paduan suara solo pria. Lomba Pesparawi sendiri digelar pada 2-12 Oktober ini di Ambon. Harapannya, pulang ke Salatiga dapat membawa penghargaan yang terbaik, tidak lupa kami meminta kepada Walikota Salatiga beserta jajaran maupun Forkopinda untuk mendoakan agar meraih penghargaan terbaik,” terang Hallawa, anggota Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Jateng.
Bersamaan dengan acara pamitan kepada Walikota Salatiga ini, Tim Pesparawi Salatiga yang dinamai ‘Saung Swara’ unjuk kebolehannya dihadapan pejabat Pemkot Salatiga yang hadir. Saung Swara ini merupakan kelompok musik unik asal Salatiga. Disebut unik karena instrument yang digunakan juga unik, diantaranya karinding bambu (genggong), rain stik yang bersuara mirip air mengalir, cajon perkusi, gitar, erhu (alat musik mirip biola dari Tiongkok). Dan semua itu berbahan baku kaleng biskuit dan untuk gitar dari badannya berbahan baku bumbung bambu. Kelompok ini rencananya akan mengikuti festival musik nasional di Malang Jawa Timur, dan kembali membawa nama Kota Salatiga.
Sementara, Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM mengungkapkan rasa bangganya kepada berbagai potensi luar biasa yang dimiliki Kota Salatiga. Tidak hanya di bidang olahraga, ternyata kota kecil dengan empat kecamatan ini memiliki potensi yang luar biasa di bidang seni musik atau vocal.
“Terus terang saya bangga dan sangat mengapresiasi tokoh-tokoh yang berperan dalam memberikan bimbingan sehingga kota kita Salatiga ini mempunyai segudang prestasi yang membanggakan. Baik membanggakan Salatiga sendiri maupun Provinsi Jawa Tengah,” ujar Yuliyanto. (hes)

loading...
Click to comment
To Top