Pasar Andong Pusatnya Batu Akik di Salatiga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pasar Andong Pusatnya Batu Akik di Salatiga

SALATIGA – Pasar Andong di Jalan Osamaliki Salatiga, kini lebih dikenal dengan sebutan Pasar Akik Salatiga. Sejak Batu Akik mulai marak dan banyak dicari maupun digemari, komplek pasar yang juga diramaikan dengan aneka barang loak (setengah pakai) ini, masyarakat mengenalnya dengan Pasar Akik. Bahkan, kini tidak kurang 40 stan penjualan batu akik menjajakan aneka jenis batu unik itu di Pasar Andong.

Purwo Supriyanto (40) penduduk asal Kabupaten Wonogiri yang kini tinggal di Salatiga menekuni sebagai perajin batu cincin dan batu akik di kawasan Pasar Andong mengatakan, bahwa sejak Pasar Andong diramaikan dengan stan penjualan batu akik, jumlah pengunjung setiap harinya selalu ramai bahkan meningkat dibandingkan sebelum ada stan batu akik.
Selain itu, dari puluhan stan penjualan batu akik ini mengaku rata-rata dalam seharinya dapat terjual 5 hingga 20 buah batu akik. Bukan hanya batu akik yang sudah jadi yang dicari konsumen, namun banyak pula yang mencari masih berwujud batu atau belum dibentuk akik.
“Sejak ramai batu akik, kawasan Pasar Andong ini boleh dikatakan sentranya batu akik. Sebelumnya, Pasar Andong ini dikenal dengan Pasar Loak Salatiga selain di shopping centre. Namun, sejak batu akik merebak, Pasar Andong berganti terkenal dengan Pasar Akik Salatiga. Kini, dalam perjalanannya tidak kurang 40 stan penjualan batu akik menjajakan dagangannya di pasar ini. Selain batu akik, ada juga pedagang keris maupun barang lain yang berbau antik dan unik,” jelas Supri di sela-sela melayani konsumen kepada Rakyat Jateng (Grup Fajar), Kamis (1/10).
Beberapa pengunjung maupun pembeli/konsumen batu akik di Pasar Andong mengaku senang dengan dijadikannya Pasar Andong ini menjadi Pasar Akik. Pasalnya, untuk mencari akik akan lebih mudah dan lokasinya juga strategis berada di Jalan Raya Semarang – Solo, tepatnya di Jalan Osamaliki Salatiga. Meski, sekarang ini banyak pula penjual batu akik disudut-sudut kota di Salatiga ini.
“Setelah Pasar Andong banyak dikatakan sebagai pasarnya batu akik di Salatiga, kami lebih sebang dan bangga. Untuk mencari berbagai jenis batu akik, tidaklah sulit dan cukup datang di Pasar Andong, aneka jenis akik ada. Bahkan, mau membeli keris serta barang unik/antik tersedia. Apalagi, mendengar informasi bahwa Pasar Andong ini akan dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,7 Miliar. Kedpan, Pasar Andong akan lebih ramai dan tentunya lebih tertata. Sehingga, akan terjadi peningkatan perekonomian di Salatiga khususnya,” jelas Harvi Candra Wenas (34) warga Perumahan Puri Argomulyo, Salatiga kepada Rakyat Jateng, disela-sela memilih batu akik di salah satu stan di Pasar Andong, Kamis (1/10).
Hal senada dikatakan Ny Susanti (49) warga Blotongan, Salatiga, bahwa dengan “dipusatkannya” penjualan batu akik di Pasar Andong ini, maka akan membuat keramaian tersendiri di Salatiga. Karena, warga luar Salatiga jika akan mencari batu akik akan lebih mudah dan langsung mendatangi Pasar Andong. Apalagi jika nantinya benar-benar dibangun, hendaknya Pemkot Salatiga mengakomodir perajin batu akik ini untuk tetap berjualan di Pasar Adong. Jika perlu, ditambah lagi penjualnya sehingga benar-benar menjadi ‘pasar akik’ Salatiga.
“Harapan saya, pembangunan Pasar Andong itu dapat segera dilaksanakan dan jangan sampai mangkrak seperti sejumlah pasar yang lain di Salatiga. Dan tentunya, para pedagang/penjual batu akik dapat diberikan tempat atau tetap diakomodir menjajakan dagangannya di Pasar Andong ini jika benar dibangun,” tandas Ny Susanti, pecinta dan kolektor aneka batu akik. (hes)

loading...
Click to comment
To Top