Puji Kesederhaan dan Kesopanan Idris, Masyarakat Antusias Memberi Dukungan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Puji Kesederhaan dan Kesopanan Idris, Masyarakat Antusias Memberi Dukungan

FAJAR.CO.ID, Barru – Kedekatan Andi Idris Syukur – Suardi Saleh (AIS) dengan masyarakat memang benar adanya. Itu tercermin dari antusiasme warga yang setiap hari mengusulkan ke tim pemenangan untuk mengundang pasangan nomor urut 3 itu.

Kesederhanaan, sopan santun dalam bertutur, serta sudah memberikan bukti nyata memajukan Barru selama lima tahun terakhir, menjadi alasan tersendiri masyarakat mengundang Idris maupun Suardi ke kampung halamannya untuk bertatap muka dengan warga.

Tak mengherankan, dari tiga pasangan yang bertarung di Barru, sejauh ini hanya Idris-Suardi yang tiap hari berkunjung dari tempat ke tempat memenuhi undangan masyarakat mulai pagi hingga malam. Tidak sedikit lokasi pertemuan, ada masyarakat yang mengarahkan Idris-Suardi ke tempat lain, meski awalnya tidak teragendakan.

“Di tim koalisi parpol, memang kita agak kewalahan memenuhi permintaan masyarakat. Karena setiap hari kita dibatasi pertemuan kampanye dialogis, tapi masyarakat justru sangat antusias meminta Pak Idris dan Pak Suardi dihadirkan,” kata Sekretaris Tim Pemenangan AIS, Muh Ilyas Banno, Kamis 1 Oktober 2015.

Ilyas yang juga Ketua DPC PKB Barru mengungkapkan, rata-rata tokoh masyarakat dan warga ikhlas menjadikan rumahnya sebagai lokasi pertemuan, karena merasa bangga kepada Idris yang memahami keinginan rakyat selama memimpin Barru 2010-2015.

“Malah banyak masyarakat yang rela dan menawarkan menyiapkan makan siang dan malam, kendati tidak diberikan uang. Alasannya, ingin membalas ketulusan Pak Idris selama ini. Makanya di tim, kadang kita jadwalkan di waktu lain, kalau kebetulan di waktu yang diminta sudah padat kegiatan. Itu kita lakukan, agar tidak mengecewakan masyarakat,” paparnya.

Sekadar diketahui, kedekatan Idris dengan rakyat bukan hanya ditunjukkan jelang pilkada. Sejak dulu, suami Ketua Forum Kajian Cinta Al-Quran (FKCA) Barru Andi Citta Mariogi Idris, memang selalu menyempatkan waktunya bertatap muka dengan masyarakat.

Semasih menjabat bupati, Idris dikenal sering singgah melayat atau memberi restu jika diperjalanan melihat ada warganya yang berduka, maupun yang lagi melangsungkan perkawinan. Tidak seperti kebanyakan pejabat lain, Idris tak risih harus berbaur dan duduk dengan masyarakat.

Selain kesederhaan itu, Idris juga buka tipe pemimpin yang kaku. Itu nampak saat menandatangani berkas, atau permohonan warga, tak perlu datang ke ruangannya di kantor bupati, tapi juga bisa di tempat mana pun, termasuk ketika singgah di warung kopi. Baginya, sepanjang tidak menyalahi aturan, maka di mana saja ia akan membubuhkan tanda tangannya.

“Beliau itu sederhana dan merakyat. Tidak ada jarak kalau kita bertemu. Itulah kenapa kami antusias mengundangnya, karena memang masyarakat yang menghendaki,” puji Azis, warga asal Mallusetasi di sela-sela kegiatan Idris, Rabu lalu.

Pernyataan hampir sama disampaikan Abdul Gaffar. Warga asal Pujananting itu, mengaku sangat respek terhadap Idris. Sebab, selain sopan dalam bertutur kata, juga di masa kepemimpinannya bisa memasukkan listrik di wilayah pegunungan dan pedalaman di Pujananting.

“Puang Idris sudah mengayomi dan bekerja maksimal untuk daerah kita selama ini. Kita sudah rasakan jerih payahnya, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memberikan dukungan melanjutkan kepemimpinannya di Barru di periode kedua,” imbau Gaffar

Sementara itu Sekretaris PKS Barru Syek Ruslan memaparkan, salah satu alasan partainya memberikan dukungan, karena perhatian Idris ke pengembangan dan pembinaan kegamaan sangat terasa. Itu tercermin ke perhatiannya memberikan insentif ke guru mengaji, imam masjid, pegawai sara.

“Bukan hanya itu, tapi kita bisa lihat, banyak pembangunan masjid terealisasi berkat support dan perhatian beliau. Begitu juga sekolah-sekolah keagamaan. Di tambah lagi, istri beliau aktif membentuk dan membina majelis taklim,” ungkapnya. (*/wik)

loading...
Click to comment
To Top