Rini Usul Tambahkan Dividen BUMN Rp 34 Triliun, DPR: Apa Asumsi Dasarnya? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Rini Usul Tambahkan Dividen BUMN Rp 34 Triliun, DPR: Apa Asumsi Dasarnya?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Usulan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menambah setoran dividen dari sejumlah BUMN yang mencapai Rp 34 triliun dalam RAPBN 2016 masih dipertanyakan para anggota Komisi VI DPR RI.

Anggota Komisi VI DPR RI Sungkono berharap, penambahan tersebut jangan sampai membuat ada tekanan dari pemerintah kepada BUMN untuk memenuhi target dividen.

Hal ini disampaikan Sungkono menyikapi pengajuan penyertaan modal negara (PMN) untuk sejumlah BUMN. Sebelumnya, deviden dari BUMN direncanakan hanya Rp31,164 triliun. Namun, belakangan diusulkan menjadi Rp34,164 triliun.

“Dalam memberikan setoran dividen kepada negara, mestinya dilakukan setalah ada RUPS. Mengapa perubahan muncul seperti ini. Apa asumsi dasarnya?” Kata Sungkono di gedung DPR Jakarta, Kamis (1/10).

Politikus PAN ini berharap, target setoran dividen dalam RAPBN 2016 tidak didasarkan pada tekanan dari Kementerian BUMN kepada semua BUMN terutama yang menerima PMN.

Namun, hal tersebut bisa dilakukan bila memang kondisi BUMN memungkinkan untuk menambah dividen. “Jika bisa dimungkinkan, kita tidak mempermasalahkan. Apalagi bila masih ada ruang untuk itu,” pungkasnya.(fat/jpnn)

Click to comment
To Top