SHARP Raih Double Platinum Brand di IBBA 2015 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

SHARP Raih Double Platinum Brand di IBBA 2015

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Selama 45 tahun rupanya tak mampu menggeser posisi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) di hati konsumen Indonesia. Dalam survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) yang dilaksanakan tahun ini, SHARP kembali dinobatkan sebagai merek elektronik terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Lemari Es.

Dengan demikian, posisi SHARP sebagai juara tetap konsisten tak tergoyahkan selama 13 tahun berturut-turut. Atas pencapaiannya ini, SHARP berhasil membawa pulang lagi Double Platinum Brand 2015, penghargaan tertinggi untuk merek-merek yang pernah memuncaki tangga juara IBBA lebih dari 9 kali.

“Menghasilkan produk berkualitas terbaik adalah sebuah komitmen yang amat menantang, namun mengelola merek selama hampir setengah abad merupakan tantangan tersendiri bagi kami. Tak banyak merek yang mampu melampaui fase ini, mempertahankan kepercayaan konsumen Indonesia selama ini,” tutur Yasuo Takenaka, Senior General Manager Refrigerator Production Division SEID, usai menerima penghargaan, Selasa (30/9) di Jakarta.

Menyinggung masalah ekonomi Indonesia saat ini, Takenaka mengatakan hal ini berdampak pada hampir seluruh industri di Indonesia. Untuk penjualan lemari es  tetap tumbuh meski angkanya tak setinggi tahun-tahun sebelumnya. “Kebutuhan untuk membeli lemari es tetap ada, namun bedanya konsumen Indonesia kini cenderung lebih cermat dan ‘picky’. Jika dulu cukup impulsif dan cepat dalam memutuskan untuk melakukan pembelian. Mereka akan membeli lemari es yang fitur-fiturnya memang dibutuhkan, dan harganya sesuai kantong. Dan SHARP menjawab kebutuhan itu,” jelas Takenaka lagi.

IBBA merupakan program penghargaan reguler yang diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh Lembaga Riset MARS dan Majalah SWA Sembada terhadap para pelanggan. Metodologi survei yang digunakan adalah riset kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan wawancara tatap muka.

Survei dilakukan selama bulan Maret-Mei 2015, dengan mengukur variabel Popularitas Merek (Top of Mind Brand Awareness), Popularitas Iklan (Top of Mind Ad Awareness), Pangsa Pasar (Brand Share), Tingkat Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan (Satisfaction and Loyalty Index), serta Potensi Pertumbuhan Merek di Masa Mendatang (Gain Index).

Tak hanya IBBA 2015, jelang akhir tahun ini, komitmen SHARP dalam menghadirkan produk-produk berkualitas terbaik untuk lintas generasi juga meraih sejumlah penghargaan lainnya, yaitu Satria Brand Award 2015, anugerah tertinggi yang diberikan kepada merek terbaik untuk kategori AC, Televisi, Mesin Cuci, dan Lemari Es.

Selain itu, SHARP juga membawa pulang penghargaan Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 untuk kategori Lemari Es. Untuk melengkapi seluruh pencapaian ini, SHARP juga berhasil meraih The Best Digital Product untuk kategori Smart TV dari Digital Marketing Award 2015, penghargaan yang diberikan oleh Majalah Marketing berdasarkan hasil riset SurveyOne. Survei ini mengukur lima dimensi produk, yaitu Reliability, Durability, Feature, Design, dan Easy-to-Get. (rls)

Click to comment
To Top