Siapa PKI? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Siapa PKI?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hari ini, 1 Oktober, bertepatan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila. Menurut mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida, 1 Oktober punya makna sangat penting dalam perjalanan bangsa, karena ideologi Pancasila selamat dari ancaman komunis.

“Sebenarnya tidak hanya perlu ritual peringatan, melainkan harus disadarkan apa sebenarnya di balik peristiwa upaya pendongkelan Pancasila itu. Siapa PKI itu? Dari mana dia? Siapa yang berada di belakang PKI? Semua ini harus dijelaskan agar perjalanan bangsa ke depan bisa lurus,” kata Laode Ida, kamis (1/10).

PKI menurut Laode Ida, merupakan partai politik pembawa ideologi komunis. Itu tak bisa disangkal. Ideologi komunisme didalami secara substansial oleh pemikir sosial yang bernama Karl Marx.

Dalam praktiknya, komunisme sangat eksis di dua negara besar, yakni Rusia dan China. Namun di Rusia, kata Ida, kini mulai sedikit memudar sebagai dampak demokratisasi dan tercerai-berai jadi beberapa negara (balkanisasi).

“Tapi di China, beda. Masih sangat kokoh dengan partai komunisnya, partai tunggal, kendati gerakan ekonominya sudah sedikit ke arah pasar,” jelas Ida. (fas/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top