Yuk Daftar, Sembilan Perusahaan Lagi Butuh Karyawan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Yuk Daftar, Sembilan Perusahaan Lagi Butuh Karyawan

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Di tengah kondisi ekonomi yang sedang terpuruk, Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) menggelar job fair di kampus Km 8, Balikpapan, Rabu (30/9). Ketua Panitia Job Fair Basri Dahlan mengungkapkan, bursa kerja yang digelar di halaman kampus ini merupakan yang pertama kali.

Acara yang mendatangkan berbagai perusahaan ini menyikapi atas minimnya bursa kerja. Terlebih banyak perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan. Ia membeberkan, tahun lalu ada sekitar 20 perusahaan yang datang ke Poltekba jelang akhir tahun. Biasanya mereka menawarkan pekerjaan bagi mahasiswa yang hendak lulus.

Namun tahun ini menurun drastis, hanya berkisar tujuh perusahaan. “Maka tak ada pilihan lain, selain mendatangkan perusahaan di job fair,” katanya.

Harus diakui tahun ini tingkat pengangguran bakal meningkat. Itu berkaca dari minimnya lowongan pekerjaan. Tahun lalu, di Poltekba sekitar 80 persen mahasiswa yang akan lulus sudah terserap dalam dunia kerja.

“Kalau tahun ini kami belum tahu. Semoga job fair sehari ini bisa membantu mendapat pekerjaan di tengah situasi ekonomi tak menentu,” harapnya.

Dikatakan, animo pengunjung yang datang ke job fair cukup tinggi. Setidaknya ada 200-an orang yang mendaftar. Mereka mayoritas mahasiswa maupun alumnus Poltkeba. Sisanya dari kalangan umum. Di acara ini ada sembilan perusahaan yang mengisi stan. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang usaha, seperti perhotelan, elektrikal, dan alat berat. “Kami memperkirakan ada 50-an orang yang akan terserap dunia kerja dari job fair ini,” beber Basri.

Senada, Wakil Direktur III Poltekba Syaeful Akbar menambahkan, job fair ini diharapkan tak sekadar urusan bursa kerja. Melainkan bisa memunculkan hubungan baik dengan perusahaan. Bila perlu, lanjut dia, perumusan kurikulum dibahas bersama dengan perusahaan. Sehingga lulusan dari sebuah kampus itu telah sesuai dengan apa yang diinginkan pelaku usaha. Peran aktif swasta sangat diharapkan untuk turut serta dalam proses belajar-mengajar di kampus.

“Ada proses transfer ilmu dari tenaga profesional yang menjadi dosen tamu,” ungkapnya.  (rom2/k15/sam/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top