Alwi Shihab Bilang Tragedi Mina Tanggung Jawab Ketua Kloter – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Alwi Shihab Bilang Tragedi Mina Tanggung Jawab Ketua Kloter

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tragedi Mina yang ikut menyeret puluhan jemaah haji Indonesia, akibat kelalaian para ketua kelompok terbang (kloter). Oleh karenanya, kata mantan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Alwi Shihab meminta pimpinan kloter jemaah haji asal Indonesia harus bertanggung jawab

“Jelas apa yang terjadi dalam beberapa kelompok jemaah haji tidak sesuai arahan maktab. Sehingga jemaah haji kita jadi korban,” ujarnya saat diskusi  di kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (1/10).

Mantan menteri luar negeri era Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid itu menambahkan, bila ada ketua kloter yang tidak tanggung jawab atau melakukan pembiaran maka ada hal yang harus dipertanggungjawabkannya.

“Akan ada peringatan bagi ketua kloter yang tidak tanggung jawab karena melakukan pembiaran kepada para jemaahnya,” ucapnya.

Atau, saran adik ulama kondang Quraish Shihab, jika diperlukan ketua kloter tidak boleh lagi menjadi pimpinan rombongan ke depan.

Untuk itu, mantan menteri koordinator bidang kesejahteraan rakyat (menko kesra) itu meminta, agar sistem manajemen penyelenggaraan haji yang dibuat harus baik. “Kami minta sistem yang dibuat harus baik,” tandasnya. (rka/jpg)

Click to comment
To Top