Ini Spesifikasi Pesawat Twin Otter Aviastar yang Hilang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ini Spesifikasi Pesawat Twin Otter Aviastar yang Hilang

FAJAR.CO.ID, MASAMBA — Pesawat Twin Otter Avia Star rute Masamba-Makassar yang dilaporkan hilang kontak terus menjadi bahan pembicaraan.

Pesawat itu seharusnya mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pukul 15.39 Wita. Namun hingga pukul 19.40 Wita, pesawat tersebut belum tiba.

Pesawat Twin Otter mengangkut sebanyak 10 orang terdiri atas tujuh penumpang dan tiga kru pesawat.

Pesawat tersebut diketahui berjenis PKBRM/DHC6 milik Aviastar dengan nomor penerbangan MV 7503, diterbangkan Capt Iri Afriadi, Co Pilot Yudhistira, dan Enginer Sukris.

DHC-6 Twin Otter jenis pesawat penumpang sipil (airliner) sayap tinggi (high wing) yang paling sukses dalam sejarah program dirgantara Kanada.

 

[NEXT-FAJAR]

Pengembangan pesawat jenis bermesin turboprop itu dimulai tahun 1964.

Pesawat pertama yang diproduksi seri 100. Seri berikutnya, 200 meningkatkan performa STOL (short take-off and landing) serta menambah hidung pesawat yang lebih panjang dan kompartemen penyimpanan belakang yang diatur ulang.

Seri 300 semakin meningkatkan performa pesawat dengan manambahkan mesin PT6A-27.

Perangkat pendaratan Twin Otter dapat diganti dengan pelampung atau ski sehingga menjadi pesawat yang populer di Alaska dan sebelah utara Kanada.

Di Indonesia pesawat bermesin turboprop itu banyak dioperasikan di kawasan timur yang fasilitas bandaranya masih minim. (rilis)

 

loading...
Click to comment
To Top