Pengakuan Negara Palestina Belum Kuat? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pengakuan Negara Palestina Belum Kuat?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Meski bendera sudah berkibar di Markas PBB, perjuangan untuk Palestina mendapat pengakuan dunia belum tuntas.

“Tentu saja pengibaran bendera Palestina di PBB itu merupakan sejarah. Namun, perjuangan belum selesai karena negara-negara seperti Amerika Serikat dan sekutunya belum mengakui,” kata pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana di Jakarta, Jumat (2/10).

Hikmahanto mengatakan, pengibaran bendera Palestina sendiri menunjukkan bahwa PBB sudah mengarah pada posisi mengakomodasi aspirasi masyarakat internasional yang mengakui Palestina sebagai sebuah negara.

Untuk lebih memperkuat pengakuan dunia internasional terhadap Palestina, Hikmahanto mengatakan Indonesia bisa memprakarsai konferensi yang menghadirkan faksi-faksi yang ada di Palestina dan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

“Konferensi tersebut bisa diadakan di Indonesia, dengan juga mengundang negara-negara yang belum mengakui Palestina seperti Amerika Serikat dan sekutunya,” tuturnya.

Bendera Palestina dikibarkan di tiang bendera di Markas Besar PBB, New York, Amerika Serikat, sesaat setelah Presiden Palestina, Mahmoud Abbas berpidato di hadapan Majelis Umum PBB pada Rabu (30/9) waktu setempat atau Kamis (1/10) tengah malam WIB.

Negara Palestina, akhirnya diterima sebagai negara nonanggota PBB pada awal September lalu. Setidaknya ada 119 negara yang mendukung, empat abstain, dan delapan negara lainnya menolak, termasuk Australia, Amerika Serikat, dan Israel.(wid/rmol)

loading...
Click to comment
To Top