Perhatikan Baik-Baik, Jika Temukan Batu Seperti ini Artinya Kita Sedang Diawasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Perhatikan Baik-Baik, Jika Temukan Batu Seperti ini Artinya Kita Sedang Diawasi

FAJAR.co.id- Peralatan spionase atau mata-mata mengalami perkembangan yang luar biasa pesat. Untuk mendapatkan informasi rahasia yang fital, beberapa negara rela menggelontorkan uang banyak demi revolusi teknologi spionese.

Teranyar adalah teknologi batu milik Israel. Kisruh wilayah Timur Tengah ternyata dimanfaatkan negara Zionis ini menanamkan berbagai teknologi spionase nya. Salah satu yang ditemukan adalah peralatan sadap, yang dilengkapi, transmisi data, kamera, sinyal telpon yang dibuat berbentuk batu gunung. Iyah, batu gunung!


teknologi spionase milik Mossad yang ditemukan di Libanon belum lama ini

Teknologi itu ditemuka tidak sengaja oleh warga di wilayah pegunungan Libanon. Gundukan batu yang tertutup tanah itu sama sekali tidak mencurigakan. Hingga akhirnya ada dua kabel hitam menyembul disekitar batu.

Warga kemudian melaporkan temuan itu ke petugas keamanan dan kemudian diteliti oleh militer Libanon.

“Jadi kami menemukan perangkat mata-mata Israel mirip batu yang terkoneksi dengan kabel lisrik. Setelah dibongkar baru ketahuan bahwa itu teknologi mata-mata yang sangat canggih,” ungkap Direktorat Umum Angkatan Darat Libanon. [NEXT-FAJAR]

Penanaman teknologi spionase Israel di wilayah Libonan bertujuan untuk memantau gerakan militer negara tersebut sekaligus mengawasi Militer Rusia.

Sebelumnya, teknologi siponase milik Mossad juga pernah ditemukan di wilayah Suriah dalam bentuk batu.

Dari luar, alat ini sulit terdeteksi karena berkamuflase persis dengan batuan disekitarnya. Namun akhirnya terbongkar secara tidak sengaja karena batu palsu tersebut rapuh akibat termakan usia.

Militer Rusia memastikan, teknologi itu milik Mossad, lembaga intelijen Israel yang bertujuan utuk memantau angkatan laut Rusia.

New York Post menyebutkan teknologi itu sengaja dipasang oleh penyelam divisi komando angkatan laut, Angkatan Bersenjata Isral atau pasukan elit Flotilla 13. Kemungkinana jenis serupa sudah dipasang di beberapa negara yang menjadi ancaman Israel maupun AS. ((iqi)

 

To Top