Setelah Kompolnas, Kini Giliran Komisi III Investigasi Kasus Pembunuhan Salim Kancil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Setelah Kompolnas, Kini Giliran Komisi III Investigasi Kasus Pembunuhan Salim Kancil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi III DPR RI bakal ikut turun dalam melakukan menginvestigasi Kasus kematian Salim Kancil, aktivis penolak tambang pasir ilegal di Lumajang. Hal tersebut ditegaskan saat pertemuan dengan LSM aringan Advokasi Tambang (Jantam), Kamis (1/10).

Anggota Komisi III Masinton Pasaribu mengatakan, kematian Salim merupakan bukti nyata dampak penambangan liar. Dari data yang dia himpun, saat ini banyak daerah yang bergejolak lantaran warganya protes akibat aktivitas penambangan liar.

Menurut Masinton, selama ini negara justru melindungi pemodal namun kejam pada rakyat. “Harusnya negara hadir menjadi juru selamat dalam kasus itu,” tuturnya.

Dia menambahkan, komisi III akan turun langsung untuk melihat lokasi tambang. Jika memang ada pelanggaran, dia meminta pemerintah menutup seluruh tambang ilegal. “Kami juga akan. Meminta kapolda memeriksa oknum polisi yang melakukan pembiaran,” ucapnya.

Politikus Golkar, Adies Kadir mendukung pernyataan Masinton. Menurut dia, selama ini banyak penambangan liar yang dibiarkan pemda dan penegak hukum. “Mereka seakan-akan menutup mata,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III, Aziz Syamsuddin mengatakan, ada dua poin yang akan diselidiki. Yakni pembunuhan Salim dan penambangan ilegal. Menurutnya, jika ada bukti-bukti yang cukup, komisi III akan memanggil kepala daerah serta kapolri. “Kami akan dalami dulu,” ujarnya.

Menurut Aziz, penegak hukum harus bertindak objektif. Ketika ada laporan dari masyarakat, tugas polisi harus menindaklanjuti laporan itu. “Itu tugas mereka,” ungkapnya. (aph/JPG)

loading...
Click to comment
To Top