Surati Arab Saudi, Ini Fakta yang Dibeberkan Menteri Agama – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Surati Arab Saudi, Ini Fakta yang Dibeberkan Menteri Agama

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Desakan sejumlah kalangan supaya Kementerian Agama (Kemenag) RI perbaiki sistem penyelenggaraan haji telah ditindaklanjuti. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan telah menyurat kepada Menteri Haji Arab Saudi agar Pemerintah Saudi melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan di Arafah dan Mina.

“Ada dua atau tiga hal yang akan kita ikhtiarkan secara serius. Pertama adalah kondisi Arafah,” kata Lukman, melalui rilis Jumat (2/10).

Lukman mengungkapkan keprihatinan atas beberapa fakta di tanah suci. Ia terkejut di malam tanggal 8 Dzulhijjah mendapati sejumlah  tenda jemaah roboh karena diterpa angin. Padahal  angin tidak sekuat angin yang merobohkan crane di Masjidil Haram.

“Kejadian menyebabkan tenda roboh, di saat bersamaan listrik padam membuat tenda gelap dan water cooler di tenda Arafah tidak berfungsi,” beber menteri dari PPP ini.

Hal lain yang diungkapkan Lukman, gara-gara listrik padam,  petugas di pos kesehatan di Padang Arafah tidak bisa menggunakan alat kesehatan, yang membuat sebagian jemaah jatuh sakit.

“Saya telah meminta agar konsidi Arafah bisa diperbaiki dengan cara tenda dibuat permanen. Kalau di Mina bisa tenda permanen, di Arafah seharusnya juga bisa,” tegas Lukman.

Poin kedua, Lukman mengusulkan perbaikan di Mina. Masalah terletak pada jarak Mina Jadid yang jauh, apakah dari sisi syari sah sebagai tempat menginap atau tidak.  “Saya sudah bersurat ke Menteri Haji agar tenda-tenda di Mina bisa ditingkatkan. Kalau jamarat bisa ditingkat, semestinya tenda di Mina juga bisa sehingga seluruh jemaah ada di Mina dan jarak ke jamarat juga tidak terlalu jauh,” jelas dia.

Selain dua hal yang diajukan kepada Menteri Haji Arab Saudi, Lukman juga berinisiatif untuk memberlakukan penggunaan chip yang ditempel pada gelang idenitas jemaah. “Ide ini sebenarnya sudah muncul sejak kemarin, tapi tidak cukup waktu untuk merealisasikan gagasan ini,”kata Lukman.(hyt/jpg)

To Top