Orang Indonesia Habiskan Rp 10 Juta Hanya Untuk Gadget Tiap Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Orang Indonesia Habiskan Rp 10 Juta Hanya Untuk Gadget Tiap Tahun

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesia merupakan salah satu negara konsumen gadget terbesar di dunia. Alat elekronik seperti smartphone, tablet, dan laptop telah menjadi hal yang tak terpisahkan dari aktivitas masyarakat Indonesia.

Setiap orang berlomba-lomba untuk memiliki gadget terbaru sesuai dengan perkembangan jaman, bahkan mereka tidak tanggung-tanggung mengeluarkan uang puluhan juta rupiah untuk mendapatkan perangkat yang diinginkan.

Berdasarkan penelitian dari portal pembanding terbesar di Indonesia, Halomoney.co.id, rata-rata orang Indonesia menghabiskan uang Rp 10 juta pertahun hanya untuk membeli gadget terbaru. Terkadang, mereka juga sering menghabiskan uang untuk membeli hal-hal yang tidak perlu saat membeli gadget, apalagi saat menggunakan fasilitas cicilan.

‎Dana itu sebenarnya bisa dihemat jika cermat memilih gadget dan mendapatkan fasilitas bunga 0 persen saat membeli dengan cara cicil.‎ Selain lewat lembaga keuangan, pembayaran secara cicilan juga bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Bunga cicilan kartu kredit biasanya mencapai 2 persen setahun atau 1,8 persen untuk enam bulan cicilan.

Co-Founder dan Managing Director Halomoney.co.id  Simon Costello mengatakan, ada beberapa kartu kredit di Indonesia yang menawarkan bunga hingga 0 persen untuk pembelian gadget yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

“Bunga 0 persen ini sangat membantu pemilik kartu kredit untuk membeli gadget dan juga berhemat. Yang harus dilakukan hanyalah mencari dan membandingkan kartu kredit mana yang terbaik untuk kebutuhan yang satu itu,”  katanya dalam siaran persnya, Jumat (2/9).

Beberapa Bank penyedia kartu kredit biasanya memberikan penawaran cicilan 0 persen untuk pembelanjaan di gadget store tertentu. “Kalau Anda misalnya berminat untuk membeli Macbook Pro seharga Rp 14.359.992, maka dengan cicilan menggunakan kartu kredit tanpa fasilitas cicilan 0 persen, Anda harus membayar ekstra Rp 940 ribu untuk bunga selama enam bulan (2 %), dan  ekstra Rp 1.4 juta untuk bunga cicilan selama setahun (1,8%),” jelasnya.

Sementara dengan menggunakan kartu kredit yang sudah bekerja sama dengan store tersebut dan memberikan cicilan 0 persen,  Anda tidak perlu dibebani untuk membayar ekstra, sehingga bisa hemat hingga Rp 1.4 juta rupiah.

Simon menyarankan, pemilik kartu kredit harus cermat dalam menggunakan kartu kreditnya saat membeli gadget. “Menghabiskan uang Rp 10 juta untuk gadget pertahunnya memang cukup besar, jadi bisa menghemat Rp 1,4 juta itu merupakan hal yang luar biasa,” imbuhnya.

Dia juga mengajak pemilik kartu kredit untuk mengecek ragam kemudahan yang diberikan kartu kredit untuk pembelian gadget, termasuk diskon dan promo. “Dengan mengetahui fasilitas yang diberikan, maka pemilik kartu kredit akan untung dan menghemat lebih banyak,” pungkasnya. (fab/jpg)

loading...
Click to comment
To Top