Kalangan Dewan Sorot Usulan Kenaikan Dana Tak Terduga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kalangan Dewan Sorot Usulan Kenaikan Dana Tak Terduga

MAGELANG – Keinginan bupati Bupati Magelang yang mengusulkan dana tak terduga yang semula dianggarkan sebanyak Rp25 milyar naik menjadi Rp32,69 milyar di APBD Perubahan 2015, mendapat sorotan dari kalangan DPRD Kabupaten Magelang. Kalangan dewan menilai usulan itu tidak logis mengingat tahun 2015 hanya tersisa tiga bulan berjalan.

Usulan Bupati ini mendapat sorotan dari kalangan DPRD. Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Magelang Suroso Singgih, mengatakan, dana tak terduga yang semula dianggarkan sebanyak Rp25 milyar naik menjadi Rp32,69 milyar. Ia mempertanyakan, dengan sisa waktu 3 bulan tahun 2015, bagaimana mungkin bisa terserap secara keseluruhan.
Sementara Ketua Fraksi PAN DPRD Ahmad Sarwo Edi menilai, bahwa biaya tak terduga naik sangat signifikan. “Mengapa terjadi demikian, apakah dana cadangan dalam anggaran murni memang sudah terserap habis,” ungkap Sarwo Edi.
Menurutnya, Bupati harus menjelaskan secara rinci kenaikan tersebut, mengingat sebelumnya (2014) dana serupa tidak bisa terserap maksimal. “Padahal kalau kita melihat realisasi tahun sebelumnya (2014), biaya tak terduga hanya terserap Rp903.498.000,” bebernya.
Selain itu lanjut Edi, dana alokasi khusus juga terdapat kenaikan sebesar Rp21,399 miliar. Sementara dana bantuan dari Pemerintah Provinsi juga naik sebesar Rp10,378 miliar lebih. “Bupati harus menjelaskan untuk kegiatan pembangunan apa saja dana sebesar itu, mengingat waktu efektif tahun ini hanya tinggal 1,5 bulan, “tambahnya.
“Belanja hibah juga mengalami perubahan karena naik menjadi Rp 25,473 miliar lebih. Padahal belanja hibah ini sedang banyak masalah dan kendala, dan akhirnya mangkrak dalam bentuk silpa,” pungkas Sarwo Edi. (zis)

Click to comment
To Top