Tim DVI Satu-satunya yang Diberi Akses oleh Arab Saudi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Tim DVI Satu-satunya yang Diberi Akses oleh Arab Saudi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim Disaster Victim Identification Markas Besar Kepolisan sudah mendarat di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (3/10) malam. Tim yang dipimpin Ketua Delegasi Kombes dr.Muhammad Mas’udi itu langsung berkoordinasi dan siap menjalankan tugas membantu identifikasi korban tragedi Mina.

Direktur Eksekutif DVI Polri Kombes Anton Castilani, mengatakan, berdasarkan laporan dari Kombes Mas’udi, tim DVI mendarat di Jeddah disambut oleh Konjen  Jeddah, Wakil Dubes KBRI di Riyadh, pejabat Depkes Arab Saudi, Atase Polri, serta pejabat Kementerian Agama RI.

“Kemudian secara resmi diterima oleh perwakilan RI di kantor KJRI Jedah, dilanjutkan dengan entry breafing oleh Wakil Dubes dan Konjen,” kata Anton, Minggu (4/10).

Tim kemudian menuju royal guest,  yang biasanya khusus untuk tamu kehormatan Pemerintah Saudi. Setelah itu, tim beroordinasi dengan Direktur Perlindungan WNI di Residens Konjen.

Anton menjelaskan bahwa misi DVI adalah bekerjasama dengan pemerintah Saudi dalam identifikasi korban Mina. Kehadiran DVI sebagai wujud dan meningkatkan hubungan bilateral dan persaudaraan RI dan Saudi. Ini juga  merupakan kelanjutan kunjungan Presiden Joko Widodo dan pertemuan dengan Raja Arab Saudi.

Diharapkan bantuan DVI dapat menjadi pembuka kerjasama RI dan Arab Saudi diberbagai bidang di masa yang akan datang. “Perlu dicatat DVI Indonesia adalah satu-satunya yang diberi akses oleh Arab Saudi,” ungkap Anton. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top