Wasit NBA dapat Hak Lebih Besar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Wasit NBA dapat Hak Lebih Besar

FAJAR.CO.ID, NEW YORK – Offcourt referee atau wasit pinggir mendapatkan kewenangan lebih besar dari NBA. Mereka diberi hak lebih untuk mengambil keputusan saat bertugas di replay center pada setiap pertandingan NBA mulai musim 2015-2016. 

Ada beberapa kewenangan baru yang dimiliki wasit di reply center. Di antaranya adalah mengambil keputusan apakah tembakan yang dilesakkan pemain merupakan tembakan dua atau tiga angka.

Selain itu, mereka juga akan memutuskan keabsahan beberapa hal lain. Seperti tembakan yang bertepatakan dengan bunyi buzzer di akhir kuarter pertandingan, sah atau tidaknya lemparan ke dalam, goaltending, dan juga shot-clock violation.

“Sudah banyak kejadian. 15 kamera instant replay kami sudah sangat mudah mengambil keputusan dengan tepat. Tidak membutuhkan lagi keterlibatan wasit yang sedang bertugas di atas lapangan,” ucap Kiki Vandeweghe, NBA Executive Vice President of Basketball Operations dalam rilis resmi mereka dikutip Reuters.

Vandeweghe menambahkan, dengan adanya aturan baru itu, diharapkan tiga wasit yang memimpin pertandingan bisa lebih fokus dengan setiap gerak-gerik pemain. Seperti diketahui, para bintang NBA saat ini memiliki gerakan-gerakan yang makin cepat.

“Jalannya pertandingan sangat krusial dalam basket. Semakin cepat keputusan diambil, akan membantu para pemain dan pelatih bergerak lebih cepat lagi,” tambahnya.

Meski begitu, Vandeweghe menuturkan, keputusan diperlukannya menyaksikan tayangan ulang dari instant reply atau tidak tetap diputuskan oleh tiga wasit yang sedang bertugas di lapangan. Modifikasi peraturan ini disebut Vandeweghe telah disetujui Gubernur dewan liga.

Secara tidak langsung, peraturan baru ini ingin mengatakan, setelah keputusan melihat tayangan ulang diambil, pengambil keputusan utama berpindah dari wasit yang berada di lapangan kepada para petugas replay center yang berada  meja ofisial.

Nantinya, hanya wasit utama berhak ikut menyaksikan tayangan ulang. Petugas replay center sendiri akan selalu diisi oleh sedikitnya satu wasit aktif NBA di setiap pertandingan. (irr/ang/JPG)

Click to comment
To Top