Arab Saudi Siap Publikasikan Hasil Investigasi Mina Pekan Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Arab Saudi Siap Publikasikan Hasil Investigasi Mina Pekan Ini

FAJAR.CO.ID, MAKKAH – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi segera mempublikasi hasil investigasi tragedi Mina pekan ini. Peristiwa ini sempat menimbulkan kecurigaan keterlibatan kerabat Kerajaan Arab Saudi. Mereka berharap hasil investigasi akan memupuskan segala tuduhan penyebab musibah yang terjadi pada Kamis (24/9) lalu.

Konsuler Jenderal RI (KJRI) di Jeddah Dharmakirty Syailendra Putra mengatakan Arab Saudi telah mengumpulkan bahan dan keterangan untuk mencari akar masalah tragedi yang menelan hampir ribuan jemaah haji di Jalan Arab 204.

“Kami  mendapatkan informasi awal dari pihak Arab Saudi yang menyatakan hasil investigasi mereka mungkin keluar dalam minggu ini,” ujarnya.

Menurut Dharmakirty, investigasi dimulai setelah otoritas keamanan dan kesehatan Arab Saudi selesai menangani korban yang bisa diselamatkan. Selama proses investigasi, KJRI tidak menyinggung alasan pembelokan jalur jemaah haji Indonesia ke Jalan 223 yang berujung di lokasi insiden.

“Kita biarkan saja Pemerintah Arab Saudi yang punya wewenang untuk menginvestigasi itu. Jangan sampai kita membuat suatu asumsi yang belum tentu kebenarannya dan bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Dharmakirty melanjutkan, segala asumsi yang timbul selama proses investigasi harus diperlakukan sebagai informasi yang tidak bertanggung jawab.  “Kami minta semua pihak menahan diri dan menunggu hasil investigasi diumumkan secara resmi,” tandasnya. (hyt/jpg)

loading...
Click to comment
To Top