Bikin Ngiler! Pendapatan Gaji Pencipta Anime Jepang, Buaanyaakk!! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Bikin Ngiler! Pendapatan Gaji Pencipta Anime Jepang, Buaanyaakk!!

FAJAR.co.id- Pasti diantara kita pernah bertanya, kenapa animasi Indonesia kalah mentereng dengan animasi Jepang? Hehehe.. Kejauhan ya, tetangga aja deh, Malaysia. Setiap harinya hanya Anime buatan Jiran yang seliweran di televisi.

Bahkan anak yang baru ngajar liat pun langsung tahu jambul seurat adalah karakter Upin, anime asal Malaysia.

Lantas masalahnya dimana, kenapa anime Indonesia sulit berkembang. Jawaban yang mendeketinya, mungkin soal penghargaan dan royalati. Contoh nyatanya adalah Battle of Surabaya. Dicibir di negeri sendiri malah populer di negara orang. Belakangan, baru dipuja-puja. Parah!

BACA JUGA: Inilah Daftar Biskop dan Kota-kota yang Menayangkan Boruto the Movie

Penghargaan dan royalti ini berkaitan erat dengan semangat animator atau pengarang komik anime (mangaka) untuk mengasah kualitasnya.

Jika menyontek sedikit kehidupan mangaka asal Jepang, mungkin kita bakal ngiler. Di Negeri Sakura, mangaka adalah pekerjaan yang bisa memberikan kesejahteraan, bahkan kekayaan.

[NEXT-FAJAR]

Redaksi Fajar.co.id sengaja menghimpun beberapa sumber terkait pendapatan seorang mangaka populer semisal Akira Toriyama (Dragon Ball),  Masashi Kishimoto (Naruto) dan Eichiro Oda pembuat manga One Piece. Ketiga mangaka ini ternyata selalu menerima penghasilan  Rp 1-2 M per tahun dari royalty penerbitan komiknya.

Pendapatan tersebut belum lagi terhitung dari sumber lain seperti, pembuatan film dan game. Sehingga, jika ditotal seluruhnya, bisa mencapai Rp 6-8 miliar per tahun.  Salah satu majalah anime berbahasa Jepang, Weekly Shonen, pernah menerbitkan total royalty yang diperoleh ketiga mengaka ini.

Sementara mangaka fenomenal lain, seperti Gosho Aoyama (Detektif Conan), Fujiko F. Fujio pembuat kartun fenomenal Doraeman, Yoshito Usui (Crayon Shin-Chan) hingga Osamu Tezuka (Astro Boy), sudah memiliki royalty tetap dari game dan film hasil diadaptasi komiknya. Meski ada yang sudah meninggal dunia, royalty mangaka ini terus mengalir ke pewarisnya.

Nah.. Loh.. coba bandingkan pendapatan komikus atau kartunis lokal. Pasti miris mengetahuinya, namun hoby adalah semangat yang membuat kartunis Indonesia terus bertransformasi lebih baik. Kita berharap saja, semoga mangaka terkenal lahir juga dari Indonesia.

(iqi) 

Click to comment
To Top