Kreatif, SD di Bantaeng Pameran Karya Siswa – Guru Sendiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kreatif, SD di Bantaeng Pameran Karya Siswa – Guru Sendiri

FAJAR.CO.ID, BANTAENG — Ratusan karya siswa dan guru terpajang di meja-meja yang dibuat mengeliling di aula SDN 7 Letta. Tiap kelas mendapatkan satu sampai tiga meja untuk memajangkan karya-karyanya. Kelas satu banyak memajang  karya seperti sendok-sendok bekas yang dibuat jadi media untuk menghitung, pohon huruf, maket bangunan karya belajar geometri dan lain-lain. Kelas lima;  peta konsep dalam bentuk skema, media bahan bekas plastik untuk penghitungan bilangan ganjil dan  prima dan lain-lain.

Demikian juga kelas-kelas lainnya, masing-masing menampilkan berbagai kreasi siswa dan guru sebagai sumber belajar yang kreatif. Pembelajaran aktif yang telah diintroduksi USAID PRIORITAS di sekolah ini menunjukkan hasil nyata; murid dan guru menciptakan berbagai hasil karya pembelajaran, Senin 5 Oktober.
Pameran juga memperlihatkan bahwa program bengkel cerita atau program kegiatan berlatih menulis untuk siswa yang dilaksanakan di sekolah  tersebut telah terbukti meningkatkan  kemampuan siswa menulis dengan baik. Karya siswa  seperti buku diari, rangkuman cerita, resensi, cerita karangan sendiri dan puisi banyak terpajang pada pameran tersebut.
Pameran itu terbuka untuk semua sekolah. Sekolah-sekolah di Bantaeng  dari gugus Kecamatan Jatia, sekolah-sekolah imbas, bahkan sekolah dari daerah yang jauh, seperti dari SDN Inpres Parangpangi Bantaeng  datang berkunjung ke pameran sekolah tersebut.
“Pameran ini menjadi bukti bahwa setelah kami menerapkan pembelajaran aktif, anak-anak menjadi sangat percaya diri, kreatif dan berani membuat karya. Mereka tidak lagi sama seperti dulu. Pameran menjadi cerminan bahwa perubahan metode mengajar kami  telah mengubah tata cara anak belajar menjadi menghasilkan  karya-karya kreatif seperti ini, ” ujar Rosbiah, kepala sekolah SDN 7 Letta. (ris/wik)
Click to comment
To Top