Unibos-KPID Pelopori Pemantauan Penyiaran Sehat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Unibos-KPID Pelopori Pemantauan Penyiaran Sehat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Universitas Bosowa (Unibos) bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel mengadakan pengukuhan dan pelantikan Forum sivitas akademika pemantau penyiaran sehat (Focika-PPS)  di ruang rapat aenat, lantai 9, gedung I, Kampus Unibos, Senin 5 Oktober.

Forum Pemantau Penyiaran Sehat itu merupakan forum pertama yang dibentuk perguruan tinggi. “Universitas Bosowa  merupakan perguruan tinggi pertama di Sulawesi Selatan yang memberikan KPI respons untuk pembentukan forum ini,”  ujar Waspada Santing, Wakil Ketua KPID Sulsel.

Waspada menegaskan Forum ini menjadi penting untuk kembali mengingatkan industri media bahwa mereka memiliki tugas untuk mencerdaskan juga mencerahkan, tidak semata-mata menghibur.

Forum yang terdiri atas dosen, karyawan, dan mahasiswa itu diketuai Abdul Haris Hamid, Wakil Rektor III Unibos. “Langkah awal kita hari ini merupakan salah satu bentuk penjabaran tri dharma perguruan tinggi,” ujarnya.

[NEXT-FAJAR]

Melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Bosowa Nomor 918/01/U-45/IX/2015, forum itu dibagi ke dalam tiga bidang besar, monitoring, advokasi, dan bidang literasi penyiaran.

Pembentukan forum bertujuan mengambil peran aktif sivitas akademika Unibos dalam hal pemantauan penyiaran. Selain itu, forum akan menjadi wadah menampung suara masyarakat saat ada pengambilan keputusan mengenai kebijakan yang berkenaan dengan penyiaran.

Pelantikan dan Pengukuhan forum dilanjutkan dengan diskusi terbuka yang menyoal tentang Peran Publik dalam Pengaturan Frekuensi Siaran oleh Fauziah Erwin, Peran Serta Masyarakat dalam Mengembangkan Penyiaran yang Sehat oleh Sukardi Weda, dan Membangun Daya Kritis Masyarakat Mengawal Siaran Sehat oleh Andry Mardian. (dly)

Click to comment
To Top