Usia ini, TNI Wajib Jadi yang Disegani di Asia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Usia ini, TNI Wajib Jadi yang Disegani di Asia

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR Yayat Biaro mengatakan, memasuki usia ke-70, TNI diharapkan semakin profesional dan berhasil dalam menjalankan tugas negara. Bahkan, TNI harus semakin disegani kawan dan ditakuti lawan.

Demikian disampaikan Yayat di Jakarta, Minggu (4/10). “Untuk usia militer, TNI sudah cukup senior dan berpengalaman di kawasan Asia. Sehingga TNI harus semakin disegani kawan dan ditakuti lawan,” kata Yayat.

Menurutnya, sejumlah prestasi sudah diraih dan berbagai tugas negara berhasil dengan sukses dijalankan TNI. Hal itu bisa jadi modal untuk mengokohkan profesionalitas TNI. Namun demikian, dalam situasi damai sekalipun TNI harus tetap waspada dan terus berlatih menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

“Masa damai waktu yang paling baik untuk berlatih, dan terus berlatih. Lebih bagus lagi jika latihannya gabungan dari tiga angkatan TNI Darat, Laut dan Udara di tempat terbuka seperti pantai agar rakyat dapat saksikan langsung kehebatan TNI,” ujar politikus Golkar itu.

Menyikapi adanya pertanyaan-pertanyaan mengapa HUT TNI diadakan di dermaga miliki swasta, Yayat meminta hal tersebut jangan sampai membuat masyarakat berpandangan negatif pada TNI karena hal itu supaya perayaan HUT TNI bisa disaksikan masyarakat.

“Rakyat ingin juga tahu kemampuan tempur TNI. Senjata dan alat yang digunakan itu kan dibeli pakai uang rakyat. Rakyat juga ingin lihat langsung kemampuan TNI dalam latihan perang,” pungkasnya.

Latihan pertempuran besar-besaran yang melibatkan semua angkatan seperti ini di Indonesia hanya bisa jelas dilihat oleh masyarakat dari darat di pantai Cilegon, atau di Teluk Tomini, Sulawesi. Dalam perayaan HUT TNI ke-70 ini lokasi yang dipilih pantai di Cilegon.(fat/jpnn)


Click to comment
To Top