87 Yayasan Pendidikan tak Bisa Laksanakan UN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

87 Yayasan Pendidikan tak Bisa Laksanakan UN

FAJAR.CO.ID, SURABAYA  – Waktu pengumpulan surat keterangan (SK) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) RI berakhir pada pukul 16.00, Senin (5/10). Sayangnya, masih banyak sekolah yang belum menyerahkan SK Kemenkum-HAM.

Dari 253 lembaga, sebanyak 87 lembaga atau yayasan yang belum menyerahkan. Itu artinya 87 lembaga tersebut dipastikan tidak bisa mendapatkan bantuan operasional daerah (bopda) pada 2016.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dispendik Surabaya Eko Prasetyoningsih mengatakan, sebelumnya dispendik telah memberi peringatan bahwa sekolah yang belum mengumpulkan SK Kemenkum-HAM harus menanggung risiko.

Di antaranya, tidak mendapat bopda, tidak memiliki izin operasional, dan siswa tidak bisa mengikuti ujian nasional (UN). “Otomatis siswa dirugikan,” kata Humas Dispendik Surabaya tersebut.

Karena tidak bisa mengikuti UN, Eko mengatakan bahwa dispendik tak tinggal diam. Dispendik akan menggabungkan siswa di sekolah tersebut ke sekolah lainnya. Sebab, lembaga atau yayasan tidak bisa menyelenggarakan UN.

“Kami tak henti-hentinya memberikan sosialisasi sampai fasilitas untuk mempermudah pendaftaran SK berbadan hukum,” jelasnya.

Eko mencontohkan, pada akhir September lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendatangkan tim dari Kemenkum-HAM ke Dispendik Surabaya. Dengan demikian, lembaga dapat mengurus data SK berbadan hukum dengan cepat dan mudah.

Sekolah tidak perlu melakukan secara online  seperti selama ini. Dengan diwajibkannya itu, seharusnya sekolah menyadari dan tidak menyepelekan.

Dari penelusuran di lapangan, beberapa hal membuat lembaga belum bisa mengumpulkan SK. Di antaranya adalah masalah intern di yayasan.

Bahkan, dari 87 sekolah, Eko melanjutkan bahwa sekitar lima sekolah bernaung di dua nama yayasan sekaligus. Persoalan perebutan yayasan di sekolah membuat banyak pihak lupa akan tanggung jawab utamanya untuk mengurus pendidikan di lembaganya.(han/hen/awa/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top