Aktif dalam Perdamaian Dunia, Sekjen PBB Apresiasi Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Aktif dalam Perdamaian Dunia, Sekjen PBB Apresiasi Indonesia

FAJAR.CO.ID, JENEWA – Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki-Moon mengapresiasi komitmen dan tekad Indonesia yang aktif dalam perdamaian dunia.

Apresiasi itu disampaikan Ban saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela-sela sidang umum PBB beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, Ban mengapresiasi posisi Indonesia dalam hal “strike balance between the hard power dan soft power”.

Menanggapi pujian itu, Menteri Retno menilai bahwa strategi soft power Indonesia akan terus dikembangkan. Ini mengingat, setiap permasalahaan yang diselesaikan dengan ‘lemah lembut’ selalu bertahan lama dan tidak menciptakan konflik baru.

Soft powernya jangan dilupakan karena kalau kita meninggalkan pendekatan ini, maka penyelesaiannya tidak akan long lasting,” kata Retno.

Sekjen PBB juga mengapresiasi peran Indonesia di beberapa hal, pertama di bidang peacekeeping dan pendekatan soft power Indonesia. Selain itu, pengendaliaan imigrasi di Tanah Air juga dipuji Ban Ki-Moon, terutama langkah-langkah yang ditempuh Indonesia dalam menampung warga negara ilegal di Tanah Air.

“Sekjen menyampaikan apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam menampungirregular movement of person di bulan Mei 2015 dan apa yang dilakukan oleh Indonesia selama ini dalam memberikan kontribusi untuk menyelesaikan masalah irregular movement of people,” pungkasnya.(ian/rmol)

loading...
Click to comment
To Top