Banyak Debu, Warga Kauman Kidul Harus Waspadai ISPA – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Banyak Debu, Warga Kauman Kidul Harus Waspadai ISPA

SALATIGA – Warga di kawasan lokasi pembangunan jalan tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, khususnya di Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga harus waspada terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Pasalnya, selama proyek pembangunan jalan tol tersebut berjalan, masih tetap menimbulkan polusi debu. Selain itu, warga yang berdekatan dengan proyek itu setiap harinya harus selalu memakai masker, sebagai penutup mulut dan hidung.

“Apalagi sekarang ini musim kemarau, maka debu yang bertebaran banyak sekali. Dengan kondisi ini, warga disini harus selalu memakai masker. Bagaimanapun juga, polusi debu itu akan bisa menggangu kesehatan,” terang Eko Prasetyo (47) warga Kauman Kidul.
Hal senada diungkapkan Sri Hartini (50), pihaknya bersama anak-anaknya sejak pembangunan jalan tol ini dimulai, selalu memakai masker bahkan lingkungan rumahnya juga selalu kotor dengan banyaknya debu yang masuk. Selain itu, dengan banyaknya truk pengangkut tanah uruk yang lalu-lalang menyebabkan polusi debu semakin bertambah.
Dari pantauan Rakyat Jateng (Grup Fajar) di kawasan pembangunan jalan tol di Kauman Kidul, bahwa efek debu tersebut benar mengganggu aktifitas masyarakat sekitar.
“Setiap hari, kami yang selalu melintas bolak-balik lewat jalur ini harus memakai masker, pasalnya debunya terlalu banyak. Jika tiodak diantisipasi demikian, akan membahayakan kesehatan khususnya anak-anak. Yang mudah diserang akan polusi debu adalah pernafasan,” tandas Diana (33) warga Kauman Kidul yang lain ketika ditemui Rakyat Jateng di daerah pembangunan jalan tol di Kauman Kidul, Senin (5/10). (hes)

loading...
Click to comment
To Top