Benarkah Masalah Barcelona Hanya Soal Messi? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Benarkah Masalah Barcelona Hanya Soal Messi?

FAJAR.CO.ID, BARCELONA – Lebih dulu mana ayam atau telor? Kompleksnya jawaban pertanyaan itu mungkin sama dengan teka-teka sisi permainan Barcelona mana yang sudah trouble. Lini depannya yang tidak tajam lagi, atau justru ada lubang menganga di pertahanan La Blaugrana?.

Hingga tujuh jornada, ketajaman lini depan Barca hanya menghasilkan rasio 1,71 gol per game. Lalu, untuk pertahanan rasio kebobolannya 1,28 gol per game.

Bandingkan dengan tujuh jornada Primera Division musim lalu. Trio Lionel Messi-Luis Suarez dan Neymar atau trio MSN bisa mencetak 19 gol, atau 2,71 gol per game.

Demikian juga dengan defense-nya yang cleansheet hingga jornada 8. Apa yang salah? Apa hanya karena absennya Lionel Messi, Andres Iniesta? Atau tidak full-nya formasi back four Barca yang keluar masuk di awal musim, seperti Gerard Pique yang baru lepas dari sanksi atau Thomas Vermaelen yang kembali akrab dengan cedera.

Hanya, apabila melihat dari performa di balik tragedy di Ramon Sanchez Pizjuan, tidak adanya Messi bukan alasan permainan tim menjadi inkonsisten. Buktinya, sepanjang laga para pemain Barca mampu membombardir pertahanan Sevilla. Total, 28 tendangan yang dilancarkan pemain Barca!

Kalau persoalannya hanya Messi, tidak akan banyak tendangan yang bisa dilakukan para pemain Barca. Sebab, selama ini La Pulga-lah yang lebih dominant dalam shots.

“Banyak peluang yang kami dapatkan, dan sukar dipercaya kami hanya bisa pulang dengan satu gol. Ini hanya persoalan finishing yang buruk,” ujar Lucho, sapaan akrab Enrique, sebagaimana dikutip dari Football Espana.

Hanya 32,1 persen akurasi tendangan pemain Barca. Suarez sudah punya peluang bersih di sepuluh menit pertama. Itu disusul dengan dua kali woodwork yang dibuatnya. Lalu, Sandro Ramirez yang punya peluang sekalipun tendangannya juga menghantam tiang gawang.

Artinya, tanpa Messi performa Barca tidak kehilangan kreativitas mencetak gol. Namun, tanpa Messi yang terjadi hanyalah Barca tidak punya pemain sebagai pembeda.

“Yang tampak dari permainan kami hanyalah mengendalikan permainan. Tidak tahu berapa jumlahnya, tapi saya yakin di laga berikutnya akan berguna,” klaimnya. (ren/JPG)

loading...
Click to comment
To Top