Bisa Bertambah, Tersangka Korupsi PNPM Rp1,8 Miliar di Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Bisa Bertambah, Tersangka Korupsi PNPM Rp1,8 Miliar di Maros

MAROS, FAJAR.CO.ID — Kejaksaan Negeri Maros kembali menahan dua tersangka korupsi PNPM, Jumat lalu. Kali ini yang kena apes dibui, fasilitator PNPM Tompobulu Irwan Rapi dan ketua Kelompok SPP Nurhaeda. Mereka disebut terlibat dalam korupsi yang merugikan negara Rp1,8 miliar. Kejari menyebut, tersangka bisa saja bertambah, Selasa 6 Oktober.
Keduanya ditahan atas kasus penyelewengan dana bergulir program Simpan Pinjam Perempuan (SPP), Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kecamatan Tombobulu Maros, Februari silam.
Kepala Seksi Pidana khusus (Kasi Pidsus) Herawaty menuturkan penetapan tersangka itu setelah penyidik melakukan pengembangan kasus dari tersangka sebelumnya, Ketua UPK PNPM Tompobulu M Yunus yang telah ditahan bulan lalu. “Mereka terbukti ikut berperan membantu Yunus, kami tahan terhitung Jumat 2 Oktober hingga 20 hari ke depan,” jelasnya.
Nurhaedah dan Irwan memiliki peran masing-masing dalam kasus itu. Nurhaedah membuat 67 jenis kelompok fiktif penerima dana SPP atas perintah Yunus. Sementara Irwan Rapi tidak memeriksa kelompok itu dan langsung meneken-nya. “Diantaranya Kelompok Syariah, Danamon, Melati, Damai, Samaturu 2 dan Ujung Bulu,” katanya.
Dana yang disalurkan juga tidak sesuai jumlah dan peruntukannya. Seharusnya tiap kelompok mendapatkan Rp250 juta, namun faktanya ada yang kurang maupun lebih. (ris)
loading...
Click to comment
To Top