Dandim Harapkan Kesejahteraan Prajurit di Perbatasan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Dandim Harapkan Kesejahteraan Prajurit di Perbatasan

DEMAK – Kodim 0716/ Demak menggelar upacara HUT TNI ke-70 dan HUT Kodam IV Diponegoro di alun-alun Kabupaten Demak, Senin (5/10). Pada momen HUT tersebut, Komandan Kodim 0716/ Demak Letkol Inf Nanang TT Wibisono SAP berharap agar pemerintah lebih memperhatikan lagi kesejahteraan prajurit, terutama yang bertugas di wilayah perbatasan.

“Bukannya sekarang tidak sejahtera. Namun, dengan kondisi negara yang lebih baik, diharapkan pula kesejahteraan para prajurit bisa lebih ditingkatkan, terutama yang berada di perbatasan. Mereka kan meninggalkan keluarga demi tugas. Jadi, sudah sepatutnya ini diperhatikan,” tuturnya.
Letkol Nanang mengungkapkan bahwa kehadiran TNI tidak bisa terlepas dari peran Jenderal Sudirman dalam mengobarkan semangat juang para masyarakat memerangi penjajah. Oleh sebab itulah, ungkapnya, rakyat dan TNI tidak bisa dipisahkan. “TNI dan rakyat harus manunggal. Karena kekuatan TNI adalah rakyat,” katanya.
Sementara itu, Bupati Demak Moh Dachirin Said SH MSi mengimbau agar para prajurit bisa kembali mengingat jati dirinya sebagai tentara yang profesional, mandiri, dan berkepribadian. Di samping itu, dia juga berpesan agar TNI terus mendekatkan diri pada rakyat. Menurutnya, kinerja TNI akan lebih kuat jika bersama dengan rakyat.
Tentara sebagai pejuang, harus memiliki daya juang dan pantang menyerah. TNI tidak boleh tersekat dalam suku, agama, maupun golongan. TNI harus bisa berdiri tegak di semua golongan demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” paparnya dalam sesi pembacaan amanat dalam upacara HUT TNI ke-70 dan HUT Kodam IV Diponegoro.
Pasi Op Kodim 0716/ Demak Nahrunsyah Pasaribu mengatakan bahwa ada kurang lebih 360 prajurit yang diturunkan dalam upacara tersebut. Jelasnya, prajurit-prajurit tersebut juga aktif di masing-masing rayon se-Kabupaten Demak.
Dalam upacara yang dikomandani oleh Kapten Arm Sukartyo, Komandan Koramil 05/ Mijen itu, disuguhkan pula berbagai acara hiburan. Di antaranya yaitu pertunjukan kesenian daerah dari Singobarong dan persembahan drama kolosal perjuangan TNI dengan rakyat. Dalam drama kolosal tersebut diperankan oleh TNI berkolaborasi dengan siswa-siswi SMAN 1 Demak. Di sana, diilustrasikan masa di mana Jenderal Soedirman memimpin perjuangan merebut kemerdekaan dalam keadaan sakit. (Sof)

Click to comment
To Top